Skip to content

Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Maria Immaculata Cilacap Materi 4: Struktur dan unsur kebahasaan teks berita

Pertemuan ke-4

Bahasa Indonesia kelas 8

Materi

1. Struktur teks berita

2. Unsur kebahasaan teks berita

Struktur teks berita

1. Judul berita/headline

2. Kepala berita/teras berita/lead

3. Tubuh bereita/boby

4. Ekor berita

Ketika berita itu terlalu panjang dan tidak cukup untuk dimuat di halaman yang disediakan, maka editor bisa membuang bagian berita itu mulai dari paling bawah atau derajat informasi pentingnya yang paling rendah yang biasanya diletakan di bagian bawah atau akhir berita.

Struktur teks berita piramida terbalik bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


  1. Lead / Prioritas Utama Penting

Bagian paling atas adalah Lead atau kepala berita merupakan puncaknya. Pada urutan paling puncak yang menempati derajat prioritas utama pentingnya informasi ini, wartawan harus menuliskan informasi utama. Setidaknya, pada bagian ini wartawan harus menjawab sebagian besar unsur 5 W + 1 H. Kenapa begitu? Jika pemotongan berita yang dilakukan editor karena keterbatasan halaman, berita ini masih memiliki arti dan layak sebagai sebuah berita.

Liat Juga : 14 Contoh Teks Ulasan – Pengertian, Ciri, Struktur dan Kaidah


  1. Neck / Sangat Penting

Bagian kedua dari atas adalah Neck atau leher berita bagian ini adalah urutan yang sangat penting. Bagian ini disebut neck atau leher karena umumnya merupakan peralihan alur atau penyambung alur ide berita yang ada pada bagian lead atau kepala berita untuk dilanjutkan pada gagasan-gagasan yang tertuang pada bagian berikutnya yang menempati derajat prioritas lebih rendah.


  1. Body / Penting

Berikutnya adalah bagian body, umumnya merupakan penjabaran dari gagasan berita yang termaktub dalam lead dan neck. Penjabaran itu bisa merupakan jawaban why (mengapa) dan how).


  1. Body Lanjutan / Kurang Penting

dan yang terakhir adalah bagian body lanjutan, bagian ini mencantumkan berbagai data yang tidak terlalu penting ditempatkan. Misalnya daftar nama orang-orang yang mengalami kecelakaan atau hal-hal lain yang jika dihilangkan oleh editor tidak terlalu berpengaruh terhadap substansi atau pokok bahasan berita tersebut.

Contoh:

JUDUL BERITA/LEAD

KPAI Minta Pemerintah Perhatikan Kesiapan Pembukaan Sekolah

KEPALA BERITA/NECK

KPAI atau Komisi Perlindungan Anak Indonesia meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memperhatikan lebih lanjut kesiapan pembukaan kembali sekolah.

Sebab pihak KPAI menilai minimnya infrastruktur sekolah menunjukan ketidaksiapan protokol kesehatan yang dapat mengancam kesehatan anak dan guru saat dibukanya kembali sekolah.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti berkata hal tersebut sama pentingnya dengan wacana pemberian kuota internet gratis oleh Kemdikbud.

KPAI mengingatkan Kemdikbud dan Kementerian Agama bahwa masalah di sektor pendidikan di masa pandemi saat ini masih dalam keadaan darurat.

BADAN BERITA

“Mulai dari memperbaiki pembelajaran jarak jauh ( PJJ) fase dua, sampai pada penyiapan pembelajaran tatap muka dengan pemenuhan infrastruktur dan protokol atau SOP adaptasi kebiasaan baru di sekolah,” ucap Retno kepada Kompas, Sabtu (29-Agustus-2020).

“Persiapan ini sangatlah krusial karena menyangkut keselamatan jutaan siswa, guru dan warga sekolah lainnya,” lanjutnya.

Selain itu Ratna menambahkan bahwa data yang disampaikan oleh Direktur SMP Kemdikbud menunjukkan bahwa sudah 3.347 sekolah yang saat ini menggelar tatap muka dan ribuan sekolah lainnya juga terus berupaya untuk memaksa supaya sekolahnya dibuka.

Kondisi tersebut menurutnya tanpa pernah dipastikan mengenai kesiapan infrastruktur dan protokol kesehatannya baik oleh pemerintah daerah maupun pusat dan Gugus Tugas Covid-19 pusat dan daerah.

Retno menyebutkan bahwa penyiapan infrastruktur adaptasi kebiasaan baru di satuan pendidikan memerlukan dana yang tidak sedikit. Persiapan tersebut tidak dapat hanya mengandalkan dana BOS karena dipastikan tidak akan cukup.

“Pengalaman SMK Negeri 11 Bandung yang sudah menyiapkan infrastruktur adaptasi kebiasaan baru di sekolahnya dalam pembelajaran tatap muka tak bisa hanya mengandalkan dana BOS, tetapi juga BOSDA dan dukungan anggaran Komite Sekolah,” tegas Retno.

Retno menambahkan, data dari survey KPAI yang melibatkan 6.729 sekolah, menunjukkan bahwa infrastruktur pendukung budaya bersih dan sehat di satuan pendidikan masih minim, bahkan sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Contohnya, hampir semua sekolah telah memiliki wastafel namun jumlahnya sedikit dan belum menyebar, masih terkonsentrasi di toilet sekolah saja.

“Padahal wastafel sangat diperlukan dalam adaptasi kebiasaan baru di sekolah, karena anak harus sering mencuci tangannya,” jelas Retno.

Retno juga memaparkan, sebelum pandemi Covid-19, hanya 23% sekolah yang selalu menyediakan disinfektan, sedangkan yang kadang-kadang menyiapkan disinfektan untuk tujuan perawatan sekolah hanya sebanyak 31 persen saja.

Belum lagi dibutuhkan bilik disinfektan, thermogun, air yang mengalir, ruang isolasi sementara, dan seluruh petunjuk arah, serta seluruh protokol kesehatan ketat yang harus dilaksanakan. Rasanya mewujudkan semua hal tersebut masih sulit dilakukan oleh banyak sekolah.

“Semua itu butuh anggaran yang tidak kecil, jadi seharusnya anggaran pemerintah harus mulai diarahkan lebih banyak ke pendidikan, terutama penyiapan infrastruktur untuk memenuhi protokol kesehatan agar kita dapat menjamin dan memenuhi Hak Hidup, Hak Sehat dan Hak pendidikan jutaan anak Indonesia dan para gurunya,” jelas Retno.

EKOR BERITA

Pembukaan sekolah dalam masa pandemi sebelumnya memang sudah menjadi sorotan publik. Melalui pernyataan ini KPAI menyoroti kembali permasalahan ini dari sudut pandang perlindungan anak yang menjadi peserta didik di sekolah.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

1. Penggunaan bahasa yang bersifat standar (baku)

Penggunaan bahasa yang standar atau baku akan memudahkan pemahaman banyak orang karena bahasa standar sifatnya universal dan sebagian besar kalangan masyarakat mudah untuk memahaminya.

2. Penggunaan kalimat langsung

Dalam teks berita, kamu akan menemukan kalimat langsung. Apa itu kalimat langsung? Jadi, ciri dari kalimat langsung yaitu ditandai dengan dua tanda petik ganda dan disertai keterangan penyertaan. Penggunaan kalimat langsung ini terkait dengan pengutipan pernyataan-pernyataan oleh narasumber berita.

Contoh: “Pelaku sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Saat ini kami terus mengembangkan kasusnya,” ucap Sutama.

3. Penggunaan kata kerja mental

Kata kerja mental adalah kata kerja yang menunjukkan respon atau sikap seseorang terhadap suatu tindakan.

Contoh: Merasa tertipu, para korban lantas melapor ke polisi.

4. Penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat

Pada teks berita, sudah pasti harus ada keterangan waktu dan tempat agar berita yang disampaikan dapat dimengerti dengan jelas.

Contoh: … kata kapolsek Wonosari Kompol Sutama saat dihubungi Minggu (8/10/2017)

5. Penggunaan konjungsi temporal

Contoh konjungsi temporal yaitu kemudian, sejak, setelah, awalnya, dan akhirnya. Konjungsi ini biasanya ditemukan pada struktur peristiwa yang menjelaskan berita secara kronologis (urutan waktu).

Contoh: Pelaku datang ke sekolahan, kemudian langsung bilang ke kepala sekolah untuk menyosialisasikan kupon wisata dan kuliner.

Soal Pertemuan ke-4

1. Di bawah ini urutan struktur teks berita yang benar adalah….

a. Judul berita/headline, Kepala berita/teras berita/lead, Tubuh bereita/boby, Ekor berita

b. Kepala berita/teras berita/lead, Tubuh bereita/boby, Ekor berita, Judul berita/headline

c. Tubuh bereita/boby, Ekor berita, Judul berita/headline, Kepala berita/teras berita/lead,

d. Ekor berita, Judul berita/headline, Kepala berita/teras berita/lead, Tubuh bereita/boby

2. Informasi yang paling penting berita disebut….

a. Ekor

b. Badan berita

c. Lead/kepala berita

d. Badan berita

3. Penjabaran dari gagasan berita disebut….

a. Ekor

b. Badan berita

c. Lead/kepala berita

d. Badan berita

4. Kata kerja yang merupakan respon seseorang disebut….

a. Kata kerja baku

b. Kata kerja mental

c. Kata kerja aktif

d. Kata kerja transitif

5. “Mulai dari memperbaiki pembelajaran jarak jauh ( PJJ) fase dua, sampai pada penyiapan pembelajaran tatap muka dengan pemenuhan infrastruktur dan protokol atau SOP adaptasi kebiasaan baru di sekolah,” ucap Retno kepada Kompas, Sabtu (29-Agustus-2020).

Kebahasaan yang muncul dalam kalimat di atas adalah…

a. kalimat langsung

b. kalimat tidak langsung

c. kata baku

d. kata kerja mental

6. Kondisi tersebut menurutnya tanpa pernah dipastikan mengenai kesiapan infrastruktur dan protokol kesehatannya baik oleh pemerintah daerah maupun pusat dan Gugus Tugas Covid-19 pusat dan daerah.

Penulisan kata covid yang baku adalah….

a. Covet

b. Covid

c. Coved

d. Covyt

7. Retno menambahkan, data dari survey KPAI yang melibatkan 6.729 sekolah, menunjukkan bahwa infrastruktur pendukung budaya bersih dan sehat di satuan pendidikan masih minim, bahkan sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Kata bergaris bawah pada kalimat di atas termasuk unsur kebahasaan….

a. konjungsi temporal

b. fungsi keterangan waktu

c. kalimat langsung

d. kata kerja mental

8. Selain itu Ratna menambahkan bahwa data yang disampaikan oleh Direktur SMP Kemdikbud menunjukkan bahwa sudah 3.347 sekolah yang saat ini menggelar tatap muka dan ribuan sekolah lainnya juga terus berupaya untuk memaksa supaya sekolahnya Kata bergaris bawah pada kalimat di atas termasuk unsur kebahasaan….

a. konjungsi temporal

b. fungsi keterangan waktu

c. kalimat langsung

d. kata kerja mental

9. Penulisan kalimat langsung yang benar adalah….

a. Ibu berkata, “hari ini, Ibu masak soto.”

b. Ibu berkata: “Hari ini, Ibu masak soto.”

c. Ibu berkata; “Hari ini, Ibu masak soto.”

d. Ibu berkata, “Hari ini, Ibu masak soto.

10. Yang merupakan kelompok kata baku adalah….

a. Apotek, nasihat, praktik

b. Apotik, nasehat, praktik

c. Apotek, nasehat, praktek

d. Apotik, nasihat praktek

Kunci Jawaban 1. A 2. C 3. D 4. B 5. A 6. B 7. B 8. A 9. D 10. A