Skip to content

Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Maria Immaculata Cilacap: Materi 5. Identintifikasi Informasi dalam Pidato Persuasif

Materi dan tugas Bahasa Indonesia pertemuan 5 kelas 9

B. Identintifikasi Informasi dalam Pidato Persuasif

Pidato mengandung informasi penting yang terkandung di dalamnya. Informasi yang disampaikan dalam pidato beraneka ragam. Salah satu informasi yang sering diucapkan oleh para pembicara adalah ajakan. Ajakan yang diungkapan juga bermacam macam. Ajakan tersebut disajikan dalam kalimat kalimat bersifat persuasif.

1. Tujuan Pidato Persuasif

Pada umumnya pidato persuasif digunakan untuk memengaruhi, membujuk dan mengajak pendengar atau audiensi. Ajakan tersebut harus diperkuat oleh argument argument yang disusun pembicara. Namun, pidato persuasif tidak hanya digunakan untuk membujuk pendengar. Selain untuk membujuk pendengar, pidato persuasif juga mempunyai tujuan lain. Agar lebih jelas, coba perhatikan tujuan pidato persuasif berikut.

a. Memberikan Informasi kepada Pendengar

Pidato persuasif berisi berbagai macam informasi. Informasi informasi dalam pidato persuasif digunakan untuk membujuk pendengar. Diharapkan dengan informasi informasi tersebut, pendengar lebih mudah memahami tujuan dan ajakan pembicara.

b. Meyakinkan Pendengar

Pidato persuasif bertujuan meyakinkan pendengar atau audiensi. Pembicara menyampaikan berbagai macam argument agar pendengar yakin dan mempercayai pidato yang disampaikannya. Agar dapat menyakinkan pendengar, isi pidato harus benar benar menarik dan benar. Menarik artinya dapat memancing perhatian pendengar dengan penyampaian yang menarik. Benar artinya dibuat dengan berbagai macam data yang sesuai dengan tema dan tujuan pidato yang disampaikan.

c. Menghibur Pendengar

Pidato persuasif dapat disisipi sedikit humor atau lelucon. Humor dan lelucon yang dimasukkan dalam pidato persuasif bertujuan untuk menghibur pendengar. Namun, dalam menyampaikaan pidato persuasif, jangan sering sering menyampaikan humor. Humor yang berlebihan akan mengalihkan tujuan utama pidato persuasif, yakni meyakinkan, membujuk, dan menggerakkan pendengar.

d. Menggerakkan Pendengar

Pidato persuasif bertujuan untuk menggerakkan pendengar. Tujuan ini adalah tujuan utama dalam pidato persuasif. Pendengar akan tergerak melakukan apa yang disampaikan pembicara jika mereka sudah yakin. Keyakinan pendengar didapat dari argumen argumen kuat yang disampaikan pembicara.

2. Langkah langkah Menemukan Informasi dalam Pidato Persuasif

Pidato persuasif mengandung informasi penting. Informasi penting dalam pidato persuasif terletak pada bagian isi pidato persuasif. Informasi dalam pidato persuasif dapat berupa data , opini, atauppun ajakan yang disampaikan oleh pembicara. Selain informasi penting, pidato persuasif juga mempunyai pesan yang tersirat dalam isi pidato. Pendengar dapat menyimpulkan pesan dengan mencermati informasiinformasi penting dalam pidato persuasif yang telah ditemukan.

Adapun langkahlangkah menemukan informasi dalam pidato persuasif sebagai berikut.

a. Membaca atau mendengarkan pidato persuasif yang dibaca atau didengarkan.

b. Mencatat informasi penting dalam pidato persuasif yang dibaca atau didengarkan.

c. Menyimpulkan pesan dari informasi penting dalam pidato persuasif yang dibaca atau didengarkan.

C. Simpulan Isi Pidato

Kamu sudah dapat mengidentifikasi informasi penting dalam pidato persuasif. Dari informasi penting tersebut kamu dapat menyimpulkan isi pidato persuasif. Menyimpulkan isi pidato persuasif berarti mencari inti sari pembicaraan dalam pidato persuasif.

1. Pengertian Simpulan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, simpulan berarti hasil dari proses menyimpulkan. Simpulan juga berarti kesudahan pendapat atau pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya. Simpulan pidato persuasif merupakn inti sari dari pidato persuasif yang didengarkan ataupun dibaca.

Simpulan pidato persuasif didapat dengan mencermati isi pidato. Isi pidato yang berisi berbagai macam argument diambil inti sarinya. Kemudian. Inti sari dari isi pidato persuasif tersebut dirangkai dalam sebuah simpulan. Simpulan tersebut tentunya tidak boleh berbeda dengan isi pidato persuasif.

2. Pokok Pokok Isi Pidato Persuasif

Pidato persuasif berisi informasi yang disusun untuk memperkuat argument penulis. Dalam informasi tersebut, terdapat pokok pokok isi yang menjadi landasan dalam penyusunan pidato. Pokok pokok isi dapat juga diambil dari ide pokok setiap paragraph penyusun pidato persuasif. Berikut merupakan langkah langkah mennemukan pokok pokok isi pidato persuasif.

3. Langkah Langkah Menyimpulkan Pidato Persuasif

Menyimpulkan pidato persuasif tidaklah sulit. Kamu dapat menyimpulkan isi pidato persuasif dengan melakukan langkah langkah berikut.

a. Memusatkan perhatian.

b. Menyiapkan alat tulis.

c. Mendengarkan atau membaca pidatope rsuasif.

d. Mencatat pokok pokok pidato yang berupa informasi ketika sedang melihat atau mendegarkan pidato persuasif.

e. Menyimpulkan isi pidato persuasif yang didengar atau dibaca.

f. Menuliskan simpulan pidato persuasif yang didengar atau dibaca.

4. Syarat Menyimpulkan Isi Pidato Persuasif

Menimpulkan isi pidato persuasif tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpulkan isi pidato persuasif. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpulkan isi pidato persuasif.

a. Simpulan harus memuat pokok isi pidato.

b. Simpulan tidak menyinggung dari isi pidato.

c. Simpulan bukan merupakan komentar, melainkan ringkasan isi pidato.

SOAL BAHASA INDONESIA PERTEMUAN 5 KELAS 9

1. Bacalah teks kutipan pidato berikut!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.Seberapa mahalpun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buahan sebagai kebutuhan utama mereka. Oleh sebab itu, hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

Kalimat di atas yang menunjukkan ajakan adalah ...
a. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.
b. Hentikan merokok, sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
c. Berapapun mahalnya harga rokok tidak dapat menghentikan mereka untuk merokok.
d. Di Cina perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum.

Teks pidato berikut untuk soal nomor 2 - 5

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh. (1)
Yang terhormat Kepala SMP Negeri 2 Muara Uya, yang saya hormati Bapak Ibu Guru beserta karyawan SMP Negeri 2 Muara Uya, serta teman-teman dari kelas VII-IX yang saya cintai. (2)
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME. Karena limpahan rahmat serta hidayah-Nya, kita bisa berkumpul pada siang ini dalam acara sekolah bertema “Ayo, Jaga Kebersihan lingkungan Sekolah!”. (3)
Oleh karena, perkenankanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Hadirin yang terhormat,
Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan mudah. Lingkungan yang bersih juga mendorong kesuksesan kegiatan belajar mengajar di kelas. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman. (4)
Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan sekolah bisa diawali dari diri sendiri. Tindakan yang dapat kita lakukan seperti membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket setiap hari, serta tidak meninggalkan barang-barang di laci yang bisa menjadisarang nyamuk. Sekali lagi saya mengajak kepada seluruh warga sekolah, marilah bersama-sama menjaga kebersihan sekolah demi menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Harapan saya semoga seluruh warga sekolah bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (5)
Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan. Jika ada ucapan ataupun tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati hadirin, saya mohon maaf. (6)
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. (7)

2. Bagian ucapan syukur kepada Tuhan ditunjukkan oleh bagian nomor....
a. 4)
b. 3)
c. 2)
d. 1)

3. Kalimat ajakan yang disampaikan pembicara dalam pidato tersebut adalah
a. Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
b. Oleh karena itu, perkenanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
c. Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
d. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman.

4. Tujuan pidato tersebut adalah ...
a. Memberikan pemahaman pendengar tentang kebersihan lingkungan sekolah.
b. Memberikan informasi pendengar tentang pentingnya kebersihan lingkungan sekolah.
c. Memberikan hiburan kepada pendengar dengan tema kebersihan lingkungan sekolah.
d. Mengajak pendengar untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

5. Kata berpartisipasi dalam pidato tersebut mempunyai arti ....
a. Melakukan sesuatu dengan sukarela.
b. Ikut mendukung adanya suatu kegiatan.
c. Berperan serta dalam suatu kegiatan.
d. Orang yang ikut berperan serta dalam suatu kegiatan.

6. Bapak dan Ibu yang saya hormati.
Apotek hidup adalah tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat obat yang ditanam di halaman
rumah. Tumbuhan yang dipelihara ini dapat dijadikan obat penyakit tertentu. Misalnya
pepaya, daunnya berguna untuk menyembuhkan malaria.
Isi kutipan pidato di atas adalah … .

a. pengertian dan manfaat apotek hidup
b. malaria bisa disembuhkan oleh daun papaya
c. contoh tumbuhan yang ditanam di apotek hidup
d. ajakan membuat apotek hidup

Kutipan pidato di bawah ini untuk nomer 7 samapai 10.

Narkoba masih menjadi momok di Indonesia. Walaupun banyak pengedar narkoba banyak yang ditangkap, baik oleh BNN maupun kepolisian, peredaran narkoba masih terjadi. Para pengedar dengan jeli mencari cara baru untuk menjual barang haramnya. Dengan cerdiknya, para bandar atau pengedar dengan jeli memanfaatkan mental remaja yang masih labil. Dan suka hal baru. Masalah ini tidak bias dibiarkan. Pemerintah melalui BNN dan Polri perlu memberantas bandar narkoba. Selain itu, mereka wajib memutus rantai peredaran narkoba. Masyarakat pun tidak boleh diam. Masyarakat harus mendukung pemerintah. Masyarakat harus dapat menjaga dirinya untuk tidak memakai narkoba. Masyarakat juga harus berani melaporkan para pengedar jika mereka mengetahuinya. Saya yakin, jika semua pihak mau bekerja sama, masalah narkoba sedikit demi sedikit dapat teratasi.

7. Masalah yang dibahas dalam kutipan pidato tersebut adalah….

a. kelihaian bandar narkoba di Indonesia

b.. jalur perdagangan narkoba di Indonesia

c.. peningkatan pengguna nerkoba di Indonesia

d. pemberantasan peredaran narkoba di Indonesia

8. Mengapa pengedar narkoba mengincar remaja sebagai pengguna baru

a. Para remaja masih labil dan suka mencoba hal hal baru.

b. Para remaja mudah dijadikan sasaran peredaran narkoba.

c. Para remaja lebih mudah dibujuk untuk memakai narkoba

d. Para remaja mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi.

9. Bagaimana upaya masyarakat dalam membantu Pemerintah meberantas peredaran narkoba di Indonesia

a. Masyarakat harus dapat menjaga diri dan selalu memberikan dukungan aktif kepada BNN dan Polri.

b. Masyarakat harus dapat menjaga diri dan berani melaporkan para pendengar narkoba jika mengetahuinya.

c. Masyarakat harus dapat menjaga diri dan sebisa mungkin menjauhi pergaulan yang tidak jelas dalam masyarakat.

d. Masyarakat harus dapat menjaga diri dan ikut aktif masuk ke dalam organisasi organisasi anti narkoba.

10. Simpulan kutipan pidato persuasif tersebut adalah ….

a. Pemarintah, baik BNN maupun Polri, harus lebih gencar dalam memberantas bandar narkoba di Indonesia.

b. Pemerintah harus bekerja keras dalam memutus rantai peredaran narkoba yang terjadi di wilayah Indonesia.

c. Pemerintah harus bekerja sama dengan masyarakat dalam upaya pemberantasan peredaran narkoba di Indonesia.

d. Pemerintah, baik BNN maupun Polri , harus dapat menangkap bandar besar pemasok narkoba di Indonesia.

KUNCI JAWABAN

1. B 6. A

2. B 7. D

3. C 8. A

4. D 9. B

5. C 10. C