Skip to content

Bahasa Indonesia KELAS 9 SMP Maria Immaculata Cilacap: Materi - Latihan - Download

MATERI DAN TUGAS BAHASA INDONESIA MINGGU PERTAMA KELAS 9

BAB I

Bereksperimen Melalui Laporan Percobaan

A. Informasi dalam Laporan Percobaan

1. Pengertian Laporan Percobaan

Teks laporan percobaab atau eksperimen merupakan teks berisi paparan data secara terperinci hasil praktik, pengamatan dan penelitian. Teks laporan percobaan ditulis berdasarkan percobaan data setelah pengamat selesai melakukan percobaan atau penelitian. Kegiatan percobaan atau penelitian ini digunakan untuk memperoleh pengetahuan dalam bidang ilmu alam, psikologi, atau sosial.

Teks laporan percobaan penting untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan dan data yang didapatkan. Teks laporan percobaan juga salah satu bentuk komunikasi ilmiah secara tidak langsung dengan orang lain. Penulisan teks laporan percobaan harus jelas, lengkap dan tidak bertele-tele agar pembaca dapat memahami isi teks dengan baik. Kejelasan teks laporan percobaan diperlukan dengan pemakaian bahasa, istilah, atau kata-kata yang mudah dipahami, dicerna, dan dimengerti bagi pembaca.

2. Ciri-Ciri Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

a. Teks laporan percobaan disusun berdasarkan hasil percobaan, pengamatan, atau penelitian disertai pemecahannya.

b. Pemahaman masalah teks laporan percobaan dikemukakan secara objektif sesuai realitas atau fakta dan kebenaran dapat diuji.

c. Teks laporan percobaan disusun berdasrkan struktur isi teks secara runtut dan sistematik.

d. Teks laporan percobaan menggunakan bahasa ilmiah baku, jelas, komunikatif, dan logis sehingga tidak terbuka kemungkinan adanya ambiguitas, ketaksaan, ataupun kerancuan.

e. Teks laporan percobaan ditulis dengan data lengkap sebagai pendukung laporan.

f. Teks laporan percobaan dibuat menarik dan interaktif

g. Teks laporan percobaan menuntaskan maslah-masalah yang dimunculkan secara terperinci dan lengkap.

Dalam melakukan kegiatan percobaan, kamu harus memiliki sikap ilmiah. Pola berpikir dan bersikap ilmiah akan bermanfaat dalam memecahkan masalah yang ditemui sehari-hari. Sikap-sikap ilmiah yang harus dilakukan :

1. Mampu membedakan antara fakta dan opini

2. Memiliki sikap santun saat mengajukan pertanyaan dan argumentasi

3. Memiliki dan mengembangkan rasa ingin tahu

4. Memiliki kepedulian terhadap lingkungan

5. Mampu berpendapat secara ilmiah dan kritis

6. Memiliki sikap berani mengusulkan perbaikan dan bertanggung jawab terhadap usulan

7. Mengembangkan sikap kerjasama, jujur terhadap fakta,disiplin, tekun, dan semangat bekerja.

Teks laporan percobaan dapat disajikan dalam bentuk laporan, deskripsi, atau eksplanasi. Ketiga jenis tersebut memiliki kemiripan. Jika diperhatikan dengan seksama, ketiganya memiliki perbedaan dalam penyajiannya. Teks laporan disajikan secara sistematis seperti karya ilmiah. Teks deskripsi disajikan dengan penggambaran objek secara jelas seolah-olah pembaca mendengar, melihat, dan merasakan objek yang digambarkan. Sementara itu, teks eksplanasi disajikan dengan teks yang menjelaskan proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi, sebuah peristiwa timbul karena ada eristiwa lain sebelumnya dan peristiwa yang lain lagi sesudahnya.

B. Unsur-Unsur Informasi dalam Laporan Percobaan

Informasi dalam laporan percobaan merupakan unsur-unsur yang membangunnya. Kamu dapat mengetahu informasi penting dalam laporan percobaan berdasarkan unsur 5W + 1H. Informasi penting atau unsur penting dalam laporan percoban sebagai berikut.

Informasi Penting/Unsur Penting

Poin dalam Laporan Percobaan

What (Apa)

Judul, objek percobaan, alat bahan, simpulan/hasil

Who (Siapa)

Pelaku percobaan

Why (Mengapa)

Tujuan percobaan

When (Kapan)

Waktu percobaan

Where (Di mana)

Tempat percobaan

How (Bagaimana)

Langkah percobaan

SOAL BAHASA INDONESIA MINGGU PERTAMA KELAS 9

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A,B,C, atau D!

1. Teks laporan percobaan adalah ….

A. Teks yang berisi paparan hasil praktik dan pengamatan

B. Teks yang berisi paparan data pengamatan dan penelitaian

C. Teks yang berisi paparan data secata terperinci hasil praktik, pemgamatan, dan penelitian

D. Teks yang berisi paparan data praktik dan pengamatan

2. Berikut ini tujuan dalam laporan percobaan, kecuali ….

A. Untuk mencangkok manga

B. Untuk mengamati pertumbuhan kecambah

C. Aduk menggunakan masker

D. Untuk membuat tinta tidak terlihat

3. Perhatikan teks berikut!

1. Pembahasan masalah teks laporan percobaan dikemukakan secara objektif sesuai realitas atau fakta dan kebenarannya dapat teruji

2. Teks laporan percobaan tidak disusun berdasarkan struktur isi teks secara runtut dan sistematik

3. Teks laporan percobaan ditulis dengan data lengkap sebagai pendukung laporan

4. Teks laporan percobaan membahas masalah-masalah yang dimunculkan secara terperinci dan lengkap

Ciri-ciri laporan percobaan berdasarkan teks di atas adalah….

A. 1 dan 2 C. 2 dan 3

B. 1 dan 3 D. 2 dan 4

4. Perhatikan teks berikut!

1. Mampu membedakan antara fakta dan opini

2. Mampu dan memiliki sikap social

3. Mampu dan senang berpendapat

4. Memiliki kepedulian terhadap lingkungan

Sikap-sikap ilmiah yang harus dilakukan adalah….

A. 1 dan 3 C. 2 dan 3

B. 1 dan 4 D. 2 dan 4

5. Manfaat dari laporan percobaan adalah ….

A. Dapat membaca sebuah hasil percobaan yang dilakukan tanpa harus melakukannya

B. Dapat memahami karakter suatu benda melalui penggambaran yang jelas

C. Mengetahui terjadinya suatu fenomena

D. Mendapatkan informasi suatu kejadian

6. Perhatikan teks laporan percobaan berikut!

1) Gula merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia saat ini.

2) Gula mempunyai berbagai fungsi baik dalam industri makanan maupun industri bukan makanan, seperti industry obat-obatan, fermentasi dan energy terbarukan.

3) Gula dapat berasal dari aren, tebu, kelapa, dan siwalan.

4) Masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan gula aren untuk digunakan dalam makanan tradisional.

Kalimat yang memperkenalkan aspek umum atau kelompok generic ditunjukkan oleh angka….

A. 1 B. 2 C. 3 D. 4

7. Perhatikan teks laporan percobaan berikut!

Sampel gula aren (gula merah) yang sudah disiapkan dihaluskan. Kemudian, siapkan sampel sebanyak 2,5 gra. Larutkan sampel gula aren tersebut menggunakan akuades. Sementara itu, sampel gula aren sebanyak 5 gram dilarutkan dengan fase gerak dalam 100 ml untuk pengujian berikutnya.

Kutipan laporan teks percobaan tersebut merupakan bagian ….

A. objek percobaan C. langkah percobaan

B. langkah percobaan D. simpulan percobaan

8. Perhatikan kutipan teks berikut!

Berdasarkan identifikasi sampel gula mengandung asam-asam organic berupa asam piroglutamat, malat, laktat, Askorbak, dan asetat. Sementara itu, sampel gula merek M dan sampel gula merek G hanya mengandung empat jenis Asam, yaitu piroglutamat, malat, laktat, dan askorbat. Perhitungan konsenrasi dari kelima asam stanrdar diperoleh konsentrasi Tertinggi ada pada asam laktat.

Kutipan teks laporan tersebut merupakan bagian….

A. objek percobaan C. langkah percobaan

B. tujuan percobaan D. simpulan percobaan

9. Kutipan teks laporan percobaan berikut untuk soal nomor 9 dan 10!

Bakso mengandung protein tinggi, kadar air tinggi, dan pH netral sehingga rentan terhadap kerusakan. Daya awet Bakso maksimal satu hari pada suhu kamar. Daya tahan yang sebentar tersebut alasan bagi para penjual bakso untuk mengambil Jalan pintas mengawetkan bakso. Beberapa pedagang ada yang menambahkan formalin ke dalam adonan baksonya. Formalin pada bakso dapat memperpanjang daya awet selama tiga hari. Formalin diketahui merupakan pengawet yang berbahaya karena dapat menimbulkan kanker. Alternatif untuk mengatasi masalah ini diperlukan pengawet makanan yang alami sehingga aman dikonsumsi masyarakat. Salah satu pengawet alamiuntuk bakso adalah wortel (Daucus carota). Wortel mengandung antioksidan berupa beta karoten yang Mencegah atau menghambat fermentasi, pengasaman, atau peruraian lain terhadap makanan yang disebabkan oleh mikroorganisme. Pengawetan dengan penambahan ekstrak wortel (Daucus carota) dalam adonan bakso juga menambah kandungan gizi dalam makanan sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Ide pokok paragraf pertama adalah ….

A. bakso rentan rusak

B. bakso perlu diawetkan

C. Manfaat formlain untuk bakso

D. Penimpanan bakso di suhu kamar

10. Informasi yang sesuai dengan kutipan laporan percobaan adalah ….

A. Bakso dapat bertahan beberarapa hari meskipun tanpa pengawet..

B. Formalin ditambahkan ke dalam adonan bakso untuk mengenyalkan bakso.

C. Wortel ditambahkan ke dalam adonan bakso unruk menambah cita rasa dan tekstur.

D. Wortel merupakan alternative pengawet bakso yang tidak membahayakan kesehatan.

Kunci Jawaban

1. C 6. A

2. C 7. C

3. B 8. C

4. B 9. A

5. B 10.D