BULAN RAMADHAN, BULAN PENUH BERKAH

Ramadhan adalah salah satu dari Lima Rukun Islam dan selama bulan suci ini, Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad (SAW). Kata ‘Ramadhan’ diserap dari bahasa Arab ‘Ramad / Ramida’ yang berarti panas terik atau kekeringan. Jadi kata Ramadhan berarti pantang makan apa pun dan minum air dari fajar hingga senja. 

Puasa (disebut juga Shaum) yang bersifat wajib dilakukan pada bulan Ramadhan selama satu bulan penuh dan ditutup dengan Hari Raya Idul Fitri. Puasa dilakukan dengan menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat sesuai perintah dalam kitab suci umat Islam Al Quran.
“Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Surat Al-Baqarah: 2:183)

Puasa juga menolong menanam sikap yang baik dan kesemuanya itu diharapkan berlanjut ke bulan-bulan berikutnya dan tidak hanya pada bulan puasa. Jika didasarkan pada ritual puasa itu sendiri, maka jika kita hendak mengakhirinya atau berbuka, maka terasa bertolak belakang jika kita tidak berbuka sekedarnya saja.

Meskipun berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu, Allah memaafkan dan mengecualikan orang-orang tertentu dari kewajiban puasa jika mereka tidak dapat puasa selama bulan Ramadhan karena alasan tertentu, seperti:
1. Orang sakit secara fisik maupun mental.
2. Orang yang sedang dalam perjalanan
3. Wanita selama menstruasi
4. Wanita yang sedang hamil atau menyusui
5. Orang lanjut usia (jika puasa akan semakin memperburuk kesehatan mereka)
6. Anak yang belum mencapai pubertas

Bulan Ramadhan adalah kesempatan yang diberikan oleh Yang Maha Pencipta dan Maha Pemurah kepada para hamba-Nya untuk mendekati-Nya, memohon ampunan atas dosa-dosa mereka, dan memenuhi kebutuhan mereka. Allah berfirman dalam Quran: “… dan laki-laki dan perempuan yang berpuasa, … Allah telah mempersiapkan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Surah Al-Ahzab, 33:35)
Memaksimalkan Ramadhan dengan melakukan:
1. Membaca Quran
2. Menemukan Lailatul Qadar
3. Melaksanakan Itikaf
4. Melaksanakan Shalat Malam (Tarawih)
5. Membayar Zakat

Ramadhan merupakan bulan ibadah dan kontemplasi. Setiap Muslim harus mempersiapkan diri mereka untuk menerima berkah rahmat dari Allah selama bulan ini dengan berdiri dalam shalat, meminta pengampunan Allah, beribadah dengan iman yang tulus dan mengharapkan pahala Allah (di kedua dunia).

Sumber:
https://www.islamicfinder.org/special-islamic-days/ramadan-2020/?language=id