IKM Post Test Topik 2 Modul 1 (M21): Kurikulum

Apa Itu Kurikulum

Melalui kurikulum, pengalaman belajar siswa dibentuk dari titik awal hingga akhir. Video ini menjelaskan pengertian, komponen, fungsi kurikulum.

Mengapa Kurikulum Perlu Diubah

Mengapa kurikulum terus berubah-ubah? Apa maksud dibalik perubahan kurikulum di suatu negara? Video ini menjelaskan bagaimana kurikulum perlu berubah demi memenuhi kebutuhan murid sesuai dengan zamannya.

Mengapa Kurikulum Perlu Diadaptasi

Kurikulum memang dirancang oleh pemerintah pusat. Lantas, bagaimana dengan keadaan satuan pendidikan yang beragam dari Sabang sampai Merauke? Dan yang paling utama: bagaimana dengan kebutuhan murid yang berbeda-beda? Video ini menjelaskan alasan mengapa kurikulum perlu diadaptasi di tingkat satuan pendidikan.

Referensi:

1. OECD. 2020. Curriculum (re) design from the OECD Education 2030 project. Overview brochure

2. Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2021. Paparan Pembelajaran Paradgima Baru. Jakarta: Kementerian Pendidikan,, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

LATIHAN PEMAHAMAN

1. Hal apa yang sepatutnya menjadi acuan utama kurikulum?
a. murid
b. peraturan pemerintah
c. pemikiran guru
d. kebutuhan sekolah

2. Apa sifat kurikulum?
a. rigid
b. berubah-ubah
c. dinamis
d. pakem

3. Faktor apa saja yang bisa memengaruhi adaptasi kurikulum?
a. geografi
b. ekonomi
c. penentu kebijakan
d. kemauan pembuat kurikulum

REFLEKSI

Jika dibandingkan saat Ibu dan Bapak Guru menjadi murid dahulu dan murid-murid sekarang, hal apa saja yang berbeda?

Contoh: Dulu tuntutan akademik sangat ditonjolkan dengan nilai ujian menjadi satu-satunya alat ukur untuk menentukan kelulusan, sedangkan saat ini yang lebih ditonjolkan adalah karakter siswa. Sumber belajar pada jaman dulu adalah buku pelajaran saja (textbook) sedangkan sekarang sumber belajar sudah jauh berkembang

 

Kurikulum dalam Pembelajaran

Melanjutkan pemahaman bahwa kurikulum harus disesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan dan kebutuhan murid, video ini menjelaskan bagaimana mengembangkan kurikulum untuk mencapai tujuan tersebut.

Referensi:

1. OECD. 2020. Curriculum (re) design from the OECD Education 2030 project. Overview brochure

2. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. 2021. Panduan Pengembangan Kurikulum operasional di Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

3. Pusat Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. 2020. Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Kementerian

LATIHAN PEMAHAMAN

Di dalam penerapan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, terdapat komponen yang dapat kita kaji secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Visi dan Misi tidak termasuk di dalam komponen tersebut. Penyataan di atas adalah……
a. Benar
b. Salah

REFLEKSI

Setelah mempelajari materi ini, hal apa yang paling semangat ingin Ibu dan Bapak Guru coba?

Contoh: Membuat Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, bentuk adaptasi Kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan murid-murid di SMP Maria Immaculata Cilacap.

POST TEST

1. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.
a. Benar
b. Salah

2. Empat komponen kurikulum menurut Ralph Tyler adalah….
a. Tujuan, konten, metode/cara, dan evaluasi.
b. Tujuan, kompetensi, metode, dan buku ajar.
c. Tujuan, komptensi, metode, dan evaluasi
d. Tujuan, konten, metode, dan buku ajar.

3. (1) Mewariskan nilai dan budaya masyarakat yang relevan dengan masa kini; (2)Mengembangkan sesuatu yang dibutuhkan saat ini dan masa depan; (3) Menilai dan memilih sesuatu yang relevan sebagai kontrol sosial
Hal diatas merupakan….
a. Peran Kurikulum
b. Kerangka Kurikulum
c. Tujuan Kurikulum
d. Hakikat Kurikulum

4. Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali….
a. Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan.
b. Mengajak murid untuk mengantisipasi semua konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan
c. Mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut.
d. Mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda.

5. Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah…
a. Kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid.
b. Perubahan kurikulum merupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri
c. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman.
d. Perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju.

6. Salah satu bentuk tindakan perubahan kurikulum yang kurang tepat dengan kondisi generasi saat ini adalah….
a. Menggunakan media sosial untuk pengumpulan tugas
b. Menjadikan muatan lokal sebagai mata pelajaran pilihan
c. Mendorong penggunaan buku elektronik
d. Mengandalkan tugas dalam bentuk tulisan.

7. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain.
Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah….
a.  Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum.
b. Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan.
c. Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya.
d. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid.

8. Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah ….
a. Tidak semua guru memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan kurikulum dari pemerintah.
b. Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda.
c. Kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan.
d. Guru membutuhkan kurikulum yang dapat lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah.

9. Dalam rapat MGMP di daerahnya, Pak Simon ditunjuk untuk menyusun modul ajar yang akan digunakan oleh seluruh sekolah di daerahnya. Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Pak Simon adalah….
a. langsung menolak keputusan tersebut karena setiap sekolah membutuhkan modul ajar yang berbeda sesua karakteristik sekolahnya masing-masing
b. menerima keputusan tersebut dan langsung menyusun modul sesuai dengan karakteristik sekolahnya dan capaian pembelajaran nasional.
c. mengajak beberapa guru dari sekolah lain untuk ikut menyusun modul berdasarkan karakteristik umum sekolah di daerahnya.
d. menyarankan kepada pengurus MGMP untuk menggunakan buku teks dan modul ajar yang diterbitkan oleh pemerintah pusat saja.

10. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah….
a. Meminta murid untuk mengerjakan latihan sesuai yang terdapat pada buku paket.
b. melewati bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya.
c. mengajak murid untuk melakukan pengawetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewan lainnya.
d. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya.

11. Hal-hal unik yang dimiliki sekolah, murid, sosial, budaya guru dan tenaga kependidikan lainnya disebut….
a. Konteks satuan pendidikan
b. Karakteristik satuan pendidikan
c. muatan satuan pendidikan
d. potensi satuan pendidikan

12. Pak Rudi sedang mengembangkan kurikulum yang akan dilaksanakan pada semester ini. Hal-hal berikut perlu dilakukan Pak Rudi dalam mengembangkan rencana pembelajaran pada mata pelajaran yang diampunya, kecuali…
a. menyusun alur tujuan pembelajaran sesuai dengan capaian pembalajaran dan karakteristik murid
b. merencanakan jenis dan teknik asesmen yang akan digunakan baik sumatif maupun formatif
c. menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang harus diadakan sesuai dengan minat dan bakat muridnya.
d. merancang media ajar yang tepat sesuai gaya belajar murid.

13. Saat mengevaluasi kurikulum operasional, Bu Atikah menilai murid belum dilibatkan secara aktif dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah. Komponen kurikulum yang dievaluasi oleh Bu Atikah adalah ….
a. program prioritas sekolah
b. sistem pendampingan
c. muatan kurikulum
d. pengorganisasian pembelajaran

14. Prinsip pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan terdiri atas….
a. berpusat pada murid, kontekstual, esensial, akuntabel, dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan
b. berpusat pada murid, esensial, kontekstual, bermakna dan kolaboratif
c. berpusat pada murid, adaptif, kontekstual, esensial, dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.
d. berpusat pada murid, adaptif, kontekstual, esensial, dan akuntabel.

15. Berdasarkan hasil analisis diagnostik dan survey karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut: (1) berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah; (2) memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi; (3) memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas; (4) memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga
Hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali….
a. mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olahraga sesuai minat dan sumber daya yang ada
b. memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini.
c. mengintegrasikan muatan kewirausahaan dalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja
d. melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah sebagai bagian penanaman nilai karakter pancasila.

Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik
Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!

Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan yang lain untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.