IKM Post Test Topik 3 Modul 2 (M32): Dimensi Mandiri => update berubah jadi Topik 3 Modul 5

Dimensi Mandiri

Seperti apa gambaran akan capaian murid yang mempunyai profil sesuai dengan dimensi mandiri ? Video ini memberikan gambaran sikap-sikap murid yang sudah memiliki kemampuan mandiri dalam rutinitas pembelajaran sehari-hari.

Dalam video ini, kita juga akan mengenal 2 elemen kunci dari dimensi mandiri.

Latihan Pemahaman

Harapan dari dimensi mandiri pada diri pelajar Indonesia adalah ….
a. Mampu mengerjakan tugas sendiri
b. Mampu pergi ke sekolah sendiri
c. Mampu mengenali potensi dan kekurangan dirinya
d. Mampu belajar tanpa awasan orang dewasa

 

REFLEKSI

Saat kita bersekolah dulu, sikap mandiri seperti apakah yang kita punya? Silahkan tuliskan satu hal/kegiatan yang mencerminkan sikap mandiri.

Contoh: Saat bersekolah dulu, pernah saya disuruh mempresentasikan tugas membuat jaring-jaring bangun ruang dan menjelaskan di depan kelas bersama teman satu kelompok. Saat itu, saya dipercaya menjadi pembicara dan teman lain menambahkan beberapa hal. Dari situ, saya belajar bahwa berbicara di depan umum membutuhkan keberanian dan juga dukungan dari teman, terutama teman dalam satu kelompok saat itu.

 

Elemen pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Sebagai pelajar yang mandiri, kemampuan menghadapi tantangan dan kendala yang ada merupakan kemampuan yang krusial untuk dimiliki. Dengan demikian, murid tetap dapat membuat perencanaan dan strategi belajar yang realistis untuk kemajuannya.

Video ini memberikan gambaran strategi yang dapat guru terapkan untuk membantu murid mencapai elemen pemahaman diri dan situasi yang dihadapi.

 

Elemen regulasi diri

Sebagai pelajar yang mandiri, kemampuan mengendalikan diri termasuk emosi diri, akan membantu dirinya mencapai tujuan belajar dan aspirasi hidup yang ingin dicapainya. Seperti apakah cara kita untuk membantu murid-murid mempunyai regulasi diri?

Video ini memberikan gambaran strategi yang dapat guru terapkan untuk membantu murid mencapai elemen regulasi diri sesuai dengan jenjang diampu.

 

Latihan Pemahaman

1. Mampu mengatur perasaan untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan dirinya adalah bagian dari
a. Rasa tangguh
b. Regulasi Emosi
c. Percaya diri
d. Adaptif

2. Agar mampu memahami diri dan situasi yang dihadapi, murid perlu dilatih untuk ….
a. Melakukan refleksi diri
b. Mengenali kualitas dan diri
c. Mengenali tantangan yang dihadapi
d. Semua benar

 

REFLEKSI

Apa pengalaman berkesan Ibu dan Bapak saat membantu murid mencapai tujuan belajarnya?

Contoh: Suatu kali pernah melatih murid mengikuti lomba mapel matematika, ketika lomba soal yang keluar jauh lebih susah menurutnya dan murid saya menyampaikan bahwa dia harusnya lebih mandiri, banyak mencari dan berlatih soal tanpa harus menunggu dibimbing. Ketika saya mempelajari modul ini, saya seketika teringat kata-kata murid saya tersebut.

 

POST TEST

1. Berikut adalah elemen dalam dimensi mandiri, kecuali…
a. Elemen pemahaman diri dan situasi
b. Elemen regulasi diri
c. Semua salah
d. Semua benar.

2. Pembuatan target belajar untuk murid dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut, yaitu…
a. Murid sendiri yang membuat target belajarnya
b. Guru yang menentukan target belajar murid
c. Murid yang menentukan target belajar temannya
d. Guru tidak perlu memantau target muridnya.

3. Berikut adalah salah satu gambaran pelajar mandiri, kecuali..
a. “Saya sudah bisa menentukan target belajar sesuai dengan kemampuan saya”
b. “Saat ada tantangan, saya lebih memilih mencoba hal lain yang saya bisa lakukan”
c. “Ketika saya sudah tahu tujuan belajar saya di minggu ini, maka saya menyesuaikan jadwal bermain dan menonton tv”
d. “Saya sulit mengerjakan PR pada malam hari karena mengantuk, jadi saat pulang sekolah saya langsung mengerjakan PR”

4. Untuk mendukung proses refleksi murid, berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan…
a. Memberikan waktu berfikir untuk murid dengan bimbingan penuh dari guru
b. Mengajak murid untuk menuliskan rangkuman dari pelajaran yang ia telah lakukan
c. Berikan waktu bagi murid untuk bercerita dengan tanpa paksaan
d. Memberikan kepercayaan untuk murid menghafal pelajarannya.

5. Hans tidak berhasil menyelesaikan permainan baloknya, dia menangis karena merasa bangunan baloknya tidak tinggi dan jelek. Pertanyaan apa yang tepat diberikan oleh guru Baiq untuk membuatnya kembali percaya diri dalam menentukan targetnya?
a. Apakah kamu perlu bantuan? Apa yang kamu perlukan untuk membuat ini jadi tinggi?
b. Jika bangunanmu tidak tinggi, mau Bapak bantu?
c. Kamu menangis pasti karena kamu sedih. Apa yang kamu butuhkan supaya mainanmu jadi bagus?
d. Bagaimana kamu tadi menyusunnya sehingga jadi pendek begini?

Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik

Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!

Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan yang lain untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.