IKM Post Test Topik 3 Modul 3 (M33): Dimensi Bernalar Kritis => update berubah jadi Topik 3 Modul 6

Dimensi Bernalar Kritis

Video ini memberikan gambaran murid yang sudah memiliki dimensi bernalar kritis dalam dirinya. Materi dikemas dalam bentuk keseharian murid untuk memudahkan Ibu dan Bapak Guru memahami harapan dari dimensi ini.

Dalam video ini, kita juga akan mengenal 3 elemen kunci dari dimensi bernalar kritis.

Latihan Pemahaman

Berikut adalah cara yang tidak efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada murid yaitu …
a. Menguatkan kemampuan literasi dan numerasi
b. Membiasakan murid menghafal teori dan informasi yang didapat
c. Melatih murid menganalisis informasi dan menghasilkan kesimpulan
d. Membiasakan murid memahami dan menerjemahkan informasi yang didapat

REFLEKSI

Apakah Ibu/Bapak pernah memiliki perubahan pandangan terhadap sesuatu? Kenapa perubahan pandangan itu terjadi?

Contoh: Pernah, pandangan saya berubah terhadap murid yang saya anggap nakal, kurang belajar dan tidak niat sekolah. Saat itu saya sebagai wali kelas melakukan kunjungan karena murid yang tidak masuk sekolah ini. Ketika kunjungan saya mendapati hunian yang jauh dari kata nyaman. Saya melihat keterbatasan yang dimiliki keluarga murid saya ini. Ketika menyampaikan maksud dan tujuan saya kepada orang tua, orang tua pun bercerita bahwa murid saya ini harus membantu orang tua berjualan di alun-alun kota sampai malam terutama jika hari sabtu dan minggu, bisa tutup sampai larut. Hal itu membuat murid saya terkadang sampai mimisan karena begitu kelelahan. Hal ini mengubah pandangan saya terhadap murid saya ini.

 

Elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

Elemen kunci pertama ini menumbuhkan rasa ingin tahu dalam diri pelajar dan juga kemampuan untuk memperoleh dan memproses informasi yang didapatkannya.

Materi ini membahas tahapan perkembangan elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan di setiap fase murid. Video juga dilengkapi ragam strategi yang dapat guru terapkan dalam pelajaran untuk menumbuhkan elemen ini.

Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran

Elemen kunci kedua ini adalah kemampuan Pelajar Indonesia untuk membuktikan penalarannya dalam mengambil suatu kesimpulan/keputusan.

Materi ini membahas tahapan perkembangan elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran di setiap fase murid. Video juga dilengkapi ragam strategi yang dapat guru terapkan dalam pelajaran untuk menumbuhkan elemen ini.

Elemen refleksi pemikiran dan proses berpikir

Elemen kunci terakhir ini mendorong pelajar Indonesia untuk berpikir mengenai proses berpikirnya sehingga ia sampai pada suatu simpulan. Hal ini mendorong pelajar untuk berpikiran terbuka terhadap fakta-fakta baru.

Materi ini membahas tahapan perkembangan elemen merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri di setiap fase murid. Video juga dilengkapi ragam strategi yang dapat guru terapkan dalam pelajaran untuk menumbuhkan elemen ini.

LATIHAN PEMAHAMAN

1. Salah satu bagian dari elemen memperoleh dan memproses informasi pada diri murid adalah kemampuan murid untuk mengajukan pertanyaan yang tepat.
a. Benar
b. Salah

2. Menurut alur pekermbangannya, membiasakan murid untuk menjelaskan alasan yang relevan dan akurat dalam kesimpulan yang dibuatnya dapat dimulai pada jenjang ….
a. PAUD
b. SD
c. SMP
d. SMA/K

3. Kemampuan merefleksikan pemikiran dan proses berpikirnya akan membantu pelajar Indonesia untuk …
a. Menyadari keterbatasan yang dimiliki
b. Menyadari adanya ruang untuk berkembang
c. Berpikir terbuka
d. Semua benar

REFLEKSI

Apakah Ibu/Bapak pernah memiliki perubahan pandangan terhadap sesuatu? Kenapa perubahan pandangan itu terjadi?

Contoh: Pernah, pandangan saya berubah terhadap murid yang saya anggap nakal, kurang belajar dan tidak niat sekolah. Saat itu saya sebagai wali kelas melakukan kunjungan karena murid yang tidak masuk sekolah ini. Ketika kunjungan saya mendapati hunian yang jauh dari kata nyaman. Saya melihat keterbatasan yang dimiliki keluarga murid saya ini. Ketika menyampaikan maksud dan tujuan saya kepada orang tua, orang tua pun bercerita bahwa murid saya ini harus membantu orang tua berjualan di alun-alun kota sampai malam terutama jika hari sabtu dan minggu, bisa tutup sampai larut. Hal itu membuat murid saya terkadang sampai mimisan karena begitu kelelahan. Hal ini mengubah pandangan saya terhadap murid saya ini.

 

POST TEST

1. Yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah …
a. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
b. Memverifikasi penulusuran informasi
c. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
d. Refleksi pemikiran dan proses berpikir

Soal 2 dari 5
Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 (fase D). Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu memahami prosedur keselamatan kerja dalam laboratorium IPA. Dalam pembelajarannya, Bu Omas mengajak murid secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang mungkin terjadi dalam laboratorium serta cara pencegahannya. Bu Omas juga memberikan label informasi pada peralatan dan bahan di laboratorium IPA untuk murid pelajari.
Praktik yang dilakukan Bu Omas menstimulasi elemen….
a. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan. Karena Bu Omas tidak memberikan langsung prosedur keselamatan kerja melainkan mengarahkan murid untuk mencari dan membentuk sendiri pemahamannya.
b. Elemen menganalisis dan mengevaluasi gagasan. Karena label informasi yang diberikan Bu Omas, murid harus menganalisis dahulu bahaya yang mungkin.
c. Jawaban a dan b benar
d. Tidak ada jawaban yang benar.

Soal 3 dari 5
Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda. Namun ia juga meminta murid menjelaskan alasan dari jawabannya. Praktik yang dilakukan Pak Doni membuatnya mampu melihat hal berikut dari muridnya, kecuali …
a. Pemahaman murid terhadap konsep
b. Miskonsepsi
c. Jawaban benar dan salah
d. Kesulitan yang dihadapi murid

Soal 4 dari 5
Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari elemen…
a. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
b. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
c. Refleksi pemikiran dan proses berpikir
d. Refleksi pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Soal 5 dari 5
Bu Neke adalah guru seni tari. Berikut adalah yang bisa Bu Neke lakukan di kelasnya untuk memfasilitasi muridnya bernalar kritis, kecuali…
a. Saling mereviu penampilan teman saat pentas
b. Membuka ruang diskusi mengenai interpretasi tari
c. Memberikan checklist komponen pertunjukan saat menonton pentas tari
d. Menceritakan hal yang mereka pelajari saat menonton sebuah pentas tari.

 

Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik

Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!

Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan yang lain untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.