IKM Post Test Topik 3 Modul 2 Baru (M32 Baru): Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

Pada video ini, kita akan melihat gambaran dan harapan dari pelajar dengan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia yang tumbuh matang dalam dirinya. Materi dikemas dalam bentuk keseharian murid untuk memudahkan Ibu dan Bapak Guru memahami harapan dari dimensi ini.

Dalam video ini, kita juga akan mengenal 5 elemen kunci dari dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

LATIHAN PEMAHAMAN

Berikut yang bukan elemen dari Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia adalah ….
a. Elemen akhlak beragama
b. Elemen akhlak pribadi
c. Elemen akhlak mulia
d. Elemen akhlak bernegara

REFLEKSI

Apa hal baru yang Ibu/Bapak pelajari mengenai Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia?

Akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

Elemen akhlak beragama

Akhlak beragama adalah bagaimana murid hubungan yang kuat dengan Tuhan YME. Termasuk menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Materi ini membahas harapan dari akhlak beragama dan tahapan perkembangannya di setiap fase murid.

Video juga dilengkapi dengan contoh-contoh pembelajaran di sekolah yang bisa guru kembangkan dan adaptasi di sekolah masing-masing.

Alur Perkembangan Elemen Akhlak Beragama

Elemen Akhlak Pribadi

Pelajar yang berakhlak mulia diwujudkan dalam rasa sayang dan perhatian pelajar kepada dirinya sendiri. Pelajar memiliki rasa sayang, peduli, hormat, dan menghargai dirinya sendiri. Materi ini membahas harapan dari akhlak pribadi dan tahapan perkembangannya di setiap fase murid.

Alur Perkembangan Elemen Akhlak Pribadi

Elemen Akhlak Kepada Manusia

Keimanan dan ketakwaan pelajar terhadap Tuhan YME juga akan berpengaruh pada sikap dan perilakunya pada sesama manusia. Materi ini membahas harapan dari elemen akhlak kepada manusia dan tahapan perkembangannya di setiap fase murid.

Alur Perkembangan Elemen Akhlak kepada Manusia

Teknik ‘MATA’ untuk Membangun Empati di Kelas

Elemen akhlak kepada alam

Pelajar Indonesia dengan elemen akhlak kepada alam menyadari tanggung jawabnya dalam menjaga dan melestarikan alam sebagai ciptaan Tuhan. Materi ini membahas harapan dan tahapan perkembangan elemen akhlak kepada alam di setiap fase murid.

Alur Perkembangan Elemen kepada Alam

Elemen Akhlak Bernegara

Akhlak bernegara mendorong pelajar Indonesia untuk peduli dan membantu sesama. Juga turut bergotong royong menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai wujud cinta yang dimilikinya untuk negara.

Materi ini akan membahas harapan dan tahapan perkembangan elemen akhlak bernegara di setiap fase murid. Video juga dilengkapi dengan contoh-contoh pembelajaran di sekolah yang bisa guru kembangkan dan adaptasi di sekolah masing-masing.

Alur Perkembangan Elemen Akhlak Bernegara

LATIHAN PEMAHAMAN

1. Inti dari sub-elemen “mengenal dan mencintai Tuhan YME” pada elemen akhlak beragama yaitu …
a. Menghayati inti dari sifat-sifat utama Tuhan, yaitu kasih dan sayang
b. Mengenal unsur utama keagamaan/kepercayaan
c. Pelaksanaan ibadah sesuai agama/kepercayaan
d. Memahami esensi dari pelaksanaan ibada/ritual keagamaan

2. Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual adalah bagian dari elemen ….
a. Elemen akhlak beragama
b. Elemen akhlak pribadi
c. Elemen akhlak kepada manusia
d. Elemen akhlak alam

3. Melalui elemen akhlak kepada manusia, murid diharapkan mampu berakhlak mulia pada sesama tanpa memandang perbedaan. Penguatan hal ini berkaitan juga dengan dimensi ….
a. Bekebinekaan global
b. Mandiri
c. Bernalar Kritis
d. Kreatif

4. Guru IPA adalah yang paling memiliki peran untuk menguatkan elemen kepada alam pada diri murid.
a. Benar
b. Salah

5. Elemen yang berperan memunculkan sikap cinta tanah air dan nasionalisme adalah …..
a. Elemen akhlak beragama
b. Elemen akhlak pribadi
c. Elemen akhlak kepada manusia
d. Elemen akhlak bernegara

REFLEKSI

Apa strategi pembelajaran yang ingin segera Ibu/Bapak coba praktikan di kelas untuk menguatkan Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia?

Memberikan arahan, pemahaman serta pembiasaan siswa baik di sekolah, rumah, atau lingkungan masyarakat. Di sekolah mengawali dan mengakhiri pelajaran dengan berdoa, melatih keiklasan dengan membantu teman yang mebutuhkan, menggalang donasi cinta kasih setiap hari Jumat hingga membiasakan diri untuk berperilaku 5 S.

POST TEST

Soal 1 dari 5
Pelajar Indonesia adalah pelajar beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME. Keimanan dan ketakwaan ini terejawantahkan dalam akhlaknya yang mulia kepada…
A. Dirinya dan sesama manusia
B. Dirinya, orang lain dan alam
C. Dirinya, orang lain, hewan dan tumbuhan
D. Dirinya, sesama manusia, alam dan juga tanah air.

Soal 2 dari 5
Pada Dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Elemen yang menguatkan hubungan murid dengan Tuhan Yang Maha Esa adalah elemen…
A. Akhlak beragama
B. Akhlak pribadi
C. Akhlak kepada sesama
D. Akhlak kepada alam

Soal 3 dari 5
Berikut adalah contoh mengintegrasikan elemen akhlak pribadi dalam pembelajaran di kelas, kecuali…
A. Guru SD menjadikan kejujuran sebagai keyakinan dan budaya kelas
B. Guru Agama mengambil topik kajian keagamaan berdasarkan isu yang dihadapi murid
C. Guru Sejarah mengajak murid melihat 2 sisi sejarah untuk mengajarkan murid berempati
D. Guru PJOK memberikan pembelajaran olahraga yang menyenangkan agar murid suka dan nyaman berolahraga.

Soal 4 dari 5
Pak Zamrud adalah guru Sejarah XII. Saat belajar tentang perang Dunia II, ia mengajak murid untuk mempelajari sejarah dari 2 sisi. Pak Zamrud membagi murid ke dalam 2 blok, yaitu Blok Sekutu dan Blok Poros. Setiap blok mempelajari sejarah dari sudut pandangnya masing-masing untuk kemudian disampaikan kepada blok lain.

Praktik yang dilakukan Pak Zamrud melatih murid untuk menguatkan elemen…
A. Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati.
B. Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empatiĀ 
C. Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajak murid untuk mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan
D. Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajak murid untuk mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan.

Soal 5 dari 5
Elemen akhlak kepada alam dintegrasikan dalam pembelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA.
Pertanyaan di atas adalah…
A. Benar, karena mata pelajaran IPA memiliki ruang lingkup paling relevan dengan alam dan ekosistem
B. Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam mengajak murid untuk menjaga lingkungan
C. Benar, karena semua pembelajaran IPA dapat dikaitkan dengan alam sekitar
D. Salah, semua mata pelajaran memiliki ruang lingkup materi alam dan ekosistem

Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik

Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!

Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan yang lain untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.