IKM Post Test Topik 3 Modul 7 Baru (M37 Baru): Dimensi Kreatif

Dimensi Kreatif

Video ini memberikan gambaran murid yang sudah memiliki dimensi kreatif dalam dirinya. Materi dikemas dalam bentuk keseharian murid untuk memudahkan Ibu dan Bapak Guru memahami harapan dari dimensi ini.

Dalam video ini, kita juga akan mengenal 3 elemen kunci dari dimensi kreatif.

LATIHAN PEMAHAMAN

Berikut adalah elemen dari Dimensi Kreatif, kecuali:
A. Menghasilkan gagasan yang orisinal
B. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
C. Mengevaluasi hasil karya dan tindakan yang orisinal
D. Keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

REFLEKSI

Bagaimana pemahaman Ibu/Bapak Guru tentang ‘kreatif’ sebelum dan setelah menyimak video ini?

Sebelumnya murid jarang dan bahkan belum diberi kesempatan untuk berkreasi dalam memahami suatu pelajaran, sesudahnya murid diberi keleluasaan untuk berkrasi dalam memahai suatu pelajaran.

Elemen dalam Dimensi Kreatif

Elemen menghasilkan gagasan yang orisinal

Pelajar yang kreatif mampu menghasilkan gagasan atau ide yang orisinal. Kemampuan ini tumbuh seiring dengan stimulus-stimulus yang ia dapatkan. Video ini membahas ragam strategi yang dapat guru terapkan dalam pelajaran untuk menumbuhkan kreatifitas murid.

Materi juga dilengkapi dengan tahapan perkembangan elemen untuk membantu guru memberikan stimulus yang tepat sesuai fase murid.

Alur Perkembangan Elemen Menghasilkan Gagasan yang Orisinal

Elemen Menghasilkan Karya dan Tindakan yang Orisinal


Pelajar yang kreatif juga mampu merealisasikan gagasan menjadi karya dan tindakan yang orisinal. Untuk itu, murid perlu ditumbuhkan rasa percaya diri dan keberanian untuk menghasilkan karya atau tindakan.

Video ini membahas ragam strategi yang dapat guru terapkan dalam pelajaran untuk menumbuhkan kreatifitas murid. Materi juga dilengkapi dengan tahapan perkembangan elemen untuk membantu guru memberikan stimulus yang tepat sesuai fase murid.

Alur Perkembangan Elemen Menghasilkan Karya dan Tindakan yang Orisinal

Elemen Memiliki Keluwesan Berpikir dan Mencari Alternatif Solusi Permasalahan

Pelajar yang kreatif juga mampu merealisasikan gagasan menjadi karya dan tindakan yang orisinal. Untuk itu, murid perlu ditumbuhkan rasa percaya diri dan keberanian untuk menghasilkan karya atau tindakan.

Video ini membahas ragam strategi yang dapat guru terapkan dalam pelajaran untuk menumbuhkan kreatifitas murid. Materi juga dilengkapi dengan tahapan perkembangan elemen untuk membantu guru memberikan stimulus yang tepat sesuai fase murid.

Alur Perkembangan Elemen Memiliki Keluwesan Berpikir dan Mencari Alternatif Solusi Permasalahan

LATIHAN PEMAHAMAN

Menurut alur pekermbangannya, membiasakan murid untuk mempertimbangkan berbagai perspektif ketika akan merealisasikan suatu gagasan dapat dilatih pada jenjang ….
a. PAUD
b. SD
c. SMP
d. SMA/K

Meminta murid mengerjakan tugas/karya dengan cara yang sama dapat mendorong murid untuk menghasilkan karya yang orisinal.
a. Benar
b. Salah

Berikut yang merupakan indikator dari keluwesan berpikir dalam Dimensi Kreatif adalah …
a. Mampu mengidentifikasi dan mencari solusi alternatif sebuah permasalahan
b. Bisa bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif saat menghadapi perubahan situasi
c. Menyadari adanya perspektif dan pendapat berbeda terhadap sebuah permasalahan
d. Benar semua

REFLEKSI

Ceritakan pengalaman nyata Ibu/Bapak Guru yang termasuk dalam elemen dimensi kreatif (bisa tentang menghasilkan gagasan/karya/tindakan orisinal atau tentang keluwesan berpikir).

Contoh: Suatu ketika pas membahas topik tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum (PKn) para murid saya beri kebebasan untuk memilih cara penyampaian pendapat tersebut, dan ternyata mereka bisa menentukan pilihan mereka sendiri dengan baik.

POST TEST

Soal 1 dari 5
Berikut yang bukan termasuk kriteria pelajar Indonesia yang kreatif adalah ….
A. Mampu memikirkan alternatif solusi
B. Mampu mempublikasikan gagasannya
C. Mampu menghasilkan gagasan dan karya orisinal
D. Dapat mengkombinasikan gagasan menjadi sesuatu yang baru

Soal 2 dari 5
Agar bisa menghasilkan gagasan, murid perlu diberikan ….
A. Ruang berkreasi
B. Kebebasan mengeksplorasi idenya
C. Keleluasaan untuk mengembangkan tugas dengan caranya sendiri
D. Semua benar

Soal 3 dari 5
Bu Mega adalah guru bahasa Inggris di SMP. Untuk asesmen menulis, Bu Mega mengajak murid-muridnya menuliskan tentang rutinitas sehari-harinya dalam bentuk yang menarik. Bu Mega memberikan kebebasan pada murid untuk menghasilkan karya sesuai minat mereka. Hasilnya, muridnya ada yang menulis dalam bentuk komik, musik, cerpen, dan karya menarik lainnya.
Praktik yang dilakukan Bu Mega adalah salah satu mengintegrasikan Dimensi Kreatif dalam pembelajaran, khususnya elemen…
A. Elemen menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, karena murid didorong menghasilkan tugas dalam bentuk produk seni
B. Elemen keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan, karena murid diberikan beberapa tantangan dalam tugasnya
C. Jawaban a benar, namun alasan kurang tepat
D. Jawaban a dan b benar.

Soal 4 dari 5
Berikut yang bukan cara menstimulus pelajar yang kreatif di kelas adalah ….
A. Guru PAUD memberi instruksi warna yang digunakan di awal kegiatan mewarnai
B. Guru Ekonomi meminta murid menghasilkan karya yang memanfaatkan SDA di sekitarnya dan memiliki nilai jual
C. Guru matematika memberi instruksi untuk menemukan beberapa cara dalam menyelesaikan permasalahan matematika
D. Guru Bahasa Indonesia meminta murid mengevaluasi teks argumentasi yang dibuatnya dan memikirkan dampak tulisannya terhadap orang lain.

Soal 5 dari 5
Berikut salah satu cara menstimulus pelajar yang kreatif di kelas adalah ….
A. Guru PAUD memberi instruksi warna yang digunakan di awal kegiatan mewarnai
B. Guru Ekonomi meminta murid menghasilkan karya yang memanfaatkan SDA di sekitarnya dan memiliki nilai jual
C. Guru matematika memberi instruksi untuk menemukan beberapa cara dalam menyelesaikan permasalahan matematika
D. Guru Bahasa Indonesia meminta murid mengevaluasi teks argumentasi yang dibuatnya dan memikirkan dampak tulisannya terhadap orang lain.

Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik

Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!

Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan yang lain untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.