IKM Post Test Topik 3 Modul 8 Baru (M38 Baru): Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran (Part 1)

Untuk mewujudkan profil pelajar pancasila, ke-6 dimensi dalam profil ini harus terintegrasi dalam program-program kurikulum dan dibangun secara konsisten dalam diri setiap pelajar Indonesia.

Video ini membahas posisi Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum nasional serta strategi untuk mengintegrasikannya ke dalam program kurikulum di satuan pendidikan.

Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran (part 2)

Cara pertama untuk membangun Profil Pelajar Pancasila secara konsisten dalam diri murid adalah melalui pengalaman belajar yang murid terima setiap harinya di sekolah.

Video ini membahas bagaimana rancangan pembelajaran yang berpusat pada murid dengan pengalaman belajar yang bervariasi dapat mendorong perkembangan ke-6 dimensi Profil Pelajar Pancasila.

LATIHAN PEMAHAMAN

Luaran jangka panjang dari kurikulum nasional adalah ..
a. Pengalaman belajar
b. Profil Pelajar Pancasila
c. Capaian Pembelajaran
d. Alur Tujuan Pembelajaran

Semua dimensi profil pelajar pancasila harus dikuatkan dalam 1 kegiatan pembelajaran.
a. Benar
b. Salah

REFLEKSI

Apa pengalaman belajar yang paling berkesan bagi Ibu/Bapak Guru? Dari pengalaman belajar tersebut kira-kira kemampuan apa yang Ibu/Bapak dapatkan?

Pembelajaran melalui pembiasaan:
1.Pembiasaan 5 S
2.LISA
3.Literasi.
4.Penghormatan bendera.
6.Menyanyikan lahu Indonesia Raya dan prngucapan Pancasila.
5.Doa sebelum dan sesudah pembelajaran.
Kemampuan yg didapatkan :
Mengembangkan karakter Profil Pelajar Pancasila .

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran projek penguatan pancasila

Pembelajaran berbasis projek memberikan murid pengalaman belajar yang memberikan pemahaman yang menyeluruh, eksploratif, serta kontekstual. Video ini membahas mengenai projek penguatan Profil Pelajar Pancasila dan gambaran besar bagaimana projek ini dijalankan di satuan pendidikan.

LATIHAN PEMAHAMAN

Ada hal-hal yang diperhatikan satuan pendidikan terkait projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, kecuali …
a. Kondisi lingkungan dan budaya setempat
b. Mata pelajaran yang berkolaborasi dalam projek
c. Pembelajaran berbasis projek disusun secara kontekstual
d. Mengacu pada tema-tema yang telah ditetapkan oleh kemdikbud Ristek

REFLEKSI

Apa projek yang paling berkesan yang Ibu/Bapak Guru pernah ikuti? Kemampuan apa yang berkembang saat Ibu/Bapak melakukan projek tersebut?

Ketika saya mengajak diskusi tentang Pencenaran Lingkungan dan Dampaknya .Dengan diberikan pancingan beberapa pertanyaan,siswa mendiskusikan dalam kelompok . Siswa mengajukan berbagai pendapat tentang pencemaran lingkungan dan dampaknya.Setelah pembelajaran siswa membuat dan melaksanakan aksi nyata untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan diterapkan dalam kehidupan sehari- hari di sekolah ataupun di mana mereka sebagai pembiasaan .

Profil Pelajar Pancasila dalam ekstrakurikuler

Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler memberikan murid kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan mendapatkan pengalaman belajar yang beragam. Video ini membahas potensi dari program ekstrakurikuler dalam mengembangkan ke-6 dimensi dari Profil Pelajar Pancasila. Dengan begitu, satuan pendidikan juga dapat melakukan refleksi, evaluasi, dan terus berupaya untuk meningkatkan program ekstrakurikulernya.

LATIHAN PEMAHAMAN

DImensi yang dilatih ketika murid diberikan kebebasan memilih ekstrakurikuler yang diminati adalah .
a. Kreatif
b. Bernalar Kritis
c. Mandiri

REFLEKSI

Pengalaman ekstrakurikuler apa yang paling berkesan bagi Ibu/Bapak Guru? Kemampuan apa yang berkembang saat Ibu/Bapak terlibat dalam ekskul tersebut?

Ekstra paduan suara, vokal grup dan musik. Kemampuan memimpin suatu ansambel musik dalam menampilkan pertunjukan seni.

POST TEST

Soal 1 dari 5
Yang termasuk luaran jangka panjang dari kurikulum nasional adalah…
A. Capaian Pembelajaran
B. Profil Pelajar Pancasila
C. Alur Tujuan Pembelajaran
D. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Soal 2 dari 5
Berikut yang bukan termasuk 3 cara dalam mengintegrasikan ke-6 dimensi Profil Pelajar Pancasila secara konsisten dalam program kurikulum adalah….
A. Terintegrasi dalam program dan kegiatan ekstrakurikuler
B. Menjadi bagian dalam pembelajaran sehari-hari di kelas
C. Termuat dalam visi misi sekolah
D. Pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila

Soal 3 dari 5
1. Tema projek yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek
2. Mata pelajaran yang berkaitan
3. Muatan elemen profil pelajar Pancasila yang ingin ditanamkan pada murid.
4. Fase murid
5. Keterkaitan tema dengan visi misi sekolah
6. Kondisi lingkungan dan budaya lokal setempat
Dari ke-6 poin di atas, yang perlu diperhatikan oleh satuan pendidik saat pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah…
A. 1,2,3,4,5,6
B. 1,2,3,4,6
C. 1,3,4,6
D 1,2,3,6

Soal 4 dari 5
Dalam kegiatan ekstrakurikuler, murid berinteraksi dan belajar bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda dari teman sekelasnya. Hal ini termasuk penguatan dari dimensi…
A. Kreatif
B. Mandiri
C. Bernalar Kritis
D. Berkebinekaan Global

Soal 5 dari 5
Bu Ilmi adalah guru mata pelajaran PPKn kelas X. Saat pembelajaran ia memberikan muridnya projek mengamati konsep gotong royong yang berkembang di lingkungan teman tinggalnya. Projek dilaksanakan secara individu. Bu Ilmi memberi waktu 1 bulan untuk murid mengamati dan melakukan wawancara dengan pemimpin dan warga setempat. Ia mengarahkan muridnya untuk membuat perencanaan projek dan memberikan kebebasan murid menentukan bentuk laporan hasil projek.
Praktik yang dilakukan Bu Ilmi adalah salah satu cara mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran, yaitu untuk dimensi …
A. Dimensi Bergotong Royong, karena murid mempraktikan konsep gotong royong dalam projeknya
B. Dimensi mandiri, karena murid belajar membuat perencanaan projek dan mengatur jadwal wawancara
C. Dimensi Kreatif, karena murid belajar menghasilkan gagasan yang orisinal dalam memilih tema projek
D. Tidak ada jawaban yang benar

Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik

Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!

Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan yang lain untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.