IKM Post Test Topik 4 Modul 3 (-M53-): Refleksi dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK

Refleksi dalam Pembelajaran

Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di SD

Kegiatan refleksi perlu menjadi bagian dari pembelajaran sehari-hari. Melalui refleksi, murid dapat mengevaluasi dan memberikan umpan balik terhadap kemajuan belajarnya sendiri. Video ini membahas strategi dalam melakukan refleksi di dalam kelas, cara memfasilitasi, serta contoh pertanyaan yang bisa diberikan pada jenjang SD.

Materi ini juga perlu dipelajari guru jenjang lain untuk memfasilitasi murid yang kemampuan refleksinya masih di tingkat dasar.

Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di SMP-SMA/SMK

Kegiatan refleksi perlu menjadi bagian dari pembelajaran sehari-hari. Melalui refleksi, murid dapat mengevaluasi dan memberikan umpan balik terhadap kemajuan belajarnya sendiri. Video ini membahas strategi dalam melakukan refleksi di dalam kelas, cara memfasilitasi, serta contoh pertanyaan yang bisa diberikan pada jenjang SMP dan SMA/SMK.

Materi ini juga perlu dipelajari guru jenjang SD untuk memfasilitasi murid yang kemampuan refleksinya sudah mencapai tingkat SMP.

LATIHAN PEMAHAMAN

Berikut hal yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi murid dalam berefleksi, kecuali?
a. Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu
b. Meminta semua murid menunjukkan hasil refleksinya
c. Menyesuaikan pertanyaan sesuai fase kemampuan murid
d. Menciptakan suasana yang nyaman

Murid di fase D diharapkan dapat melakukan refleksi untuk hal yang berkaitan dengan karir yang akan dipilihnya nanti.
a. Benar
b. Salah

REFLEKSI

Setelah mempelajari materi ini, saya menyadari beberapa tantangan yang akan dihadapi saat melakukan refleksi di SMP, SMA/K, yaitu……. Oleh karena itu, saya akan melakukan……..

Kemampuan anak, keterbuaan anak, situasi dan lingkungan.
Mengenali kempampuan anak juga mengelanali lingkungannya.

POST TEST

Soal 1 dari 5
Perhatikan beberapa pertanyaan berikut:
1. Metode apa yang paling membantumu memahami topik ini?
2. Saat mengerjakan proyek ini, keterampilan apa yang bermanfaat untuk karir yang ingin kamu tekuni nanti?
3. Kemampuan apa yang meningkat atau baru kamu dapatkan saat melakukan proyek ini?
4. Apa target yang mau kamu capai pada pembelajaran selanjutnya?
5. Apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai target tersebut?
Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase D adalah
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Soal 2 dari 5
Pertanyaan yang paling tepat diajukan untuk membantu murid memonitor kemajuan belajar mereka adalah
A. Apa saja yang kamu ketahui tentang materi ini sebelumnya?
B. Apa yang kamu pelajari tentang diri kamu saat mengerjakan projek ini?
C. Seandainya kamu adalah seorang guru, apa penilaian kamu tentang tugas yang kamu kumpulkan?
D. Apa yang kamu lakukan lebih baik pada tugas kali ini?
E. Apa target kamu untuk pembelajaran selanjutnya?

Soal 3 dari 5
Perhatikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
1. Apakah setelah sekolah kamu akan pulang?
2. Apakah kamu mau menunjukkan hasil karyamu?
3. Apa yang membuatmu senang hari ini?
4. Apa yang sedang kamu buat?
5. Apa yang telah dipelajari hari ini?
6. Jika bisa berganti peran, peran apa yang ingin kamu coba? Mengapa?
Pertanyaan di atas yang termasuk pertanyaan refleksi adalah
A. 1 dan 2
B. 2 dan 6
C. 3 dan 4
D. 3 dan 6

Soal 4 dari 5
Dalam membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah
A. Fase murid
B. Usia murid
C. Pemahaman murid
D. Pemahaman guru
E. Respons murid saat pembelajaran

Soal 5 dari 5
Bu Indah adalah seorang guru SMA. Beliau sudah menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melakukan refleksi pembelajaran, tetapi salah satu muridnya bernama Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk memfasilitasi Rendra berefleksi adalah
A. Mengulang pertanyaan agar dapat dimengerti oleh Rendra
B. Membiarkan karena hanya satu orang yang tidak melakukan refleksi
C. Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu
D. Memberikan kesempatan Rendra melakukan refleksi lain waktu
E. Memanggilnya ke depan kelas untuk melakukan refleksi sendiri

Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik
Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!

Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan yang lain untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.