IKM Post Test Topik 5 Modul 1 (-M61-): Asesmen SMP – SMA/SMK

Prinsip dan Fungsi Asesmen

Asesmen sebagai Bukti Pembelajaran

Asesmen merupakan salah satu bukti atau informasi untuk memahami proses pembelajaran yang akan, sedang, dan telah berlangsung. Video ini akan membantu kita memahami makna asesmen dalam fungsinya yang lebih berpihak kepada murid dan membantu mereka mendapatkan pembelajaran yang bermakna.

Contoh Pertanyaan Refleksi Terkait Asesmen

Asesmen as, for, dan of learning

Asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian murid. Agar pelaksanaan asesmen sejalan dengan tujuan yang hendak dicapai, kita perlu memahami dulu karakteristik dan fungsi asesmen formatif dan sumatif. Video ini akan membahas fungsi asesmen yang mencakup asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning).

LATIHAN PEMAHAMAN

Asesmen yang lebih melibatkan murid untuk menilai diri dan temannya adalah salah satu karakteristik dari
a. Asesmen sebagai proses pembelajaran (as learning)
b. Asesmen untuk proses pembelajaran (for learning)
c. Pada akhir proses pembelajaran (of learning)

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali
a. Proses pengumpulan informasi kebutuhan belajar
b. Proses pengolahan informasi pencapaian hasil belajar
c. Alat untuk menghasilkan nilai
d. Alat untuk memantau perkembangan belajar murid

REFLEKSI

Apa yang terlintas di pikiran Ibu dan Bapak saat mendengar kata asesmen?

Asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian murid

Metode dan Format Asesmen

Metode Asesmen

Dalam pembelajaran paradigma baru, pelaksanaan asesmen diharapkan lebih berorientasi kepada keseluruhan proses belajar murid. Terdapat 3 pendekatan asesmen yang bisa diterapkan yaitu asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Ketiganya dapat dilaksanakan dengan metode dan teknik yang beragam. Video ini akan menjelaskan ragam metode dan instrumen asesmen yang bisa diterapkan di kelas sesuai dengan kebutuhan dan tetap berpusat pada murid.

Format Asesmen

Dalam Kurikulum Merdeka, guru diberikan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran. Asesmen juga diharapkan dapat berfokus pada proses belajar yang lebih bermakna, bukan hanya sekadar menghafal. Untuk itu pelaksanaan asesmen pun perlu dilakukan dengan format yang tepat. Video kali ini akan membahas format asesmen tradisional dan alternatif beserta karakteristiknya masing-masing. Dengan begitu guru dapat menggunakan kedua format asesmen tersebut sesuai kebutuhan.

LATIHAN PEMAHAMAN

Projek adalah salah satu bentuk asesmen dengan teknik…
a. Observasi
b. Tes tulis
c. Performa
d. Tes lisan

Berikut yang bukan termasuk dalam format asesmen alternatif adalah
a. Projek
b. Soal pilihan ganda
c. Portofolio
d. Soal pertanyaan terbuka

REFLEKSI

Setelah menyimak video tadi, manakah teknik asesmen yang Ibu dan Bapak paling ingin coba untuk diterapkan di kelas? Mengapa?

Teknik asesmen yg ingin diterapkan : diiagnostik,formatil dan sumatif dg instrumen yg beragam..
Karena ‘
Ketiganya saling berhubungan dan dibutuhkan dalam asesmen pembelajaran untuk mengetahui perkembangan pembelajaran siswa.
Ketiganya digunakan untuk melihat hasil pembelajaran prosws belajar murid sesuai dengan kebuyuhan dan berpusat pada murid.

Kurikulum dan Asesmen

Kurikulum dan Asesmen

Salah satu tujuan asesmen adalah untuk mendapatkan informasi apakah tujuan pembelajaran telah dicapai dengan baik dan strategi apa yang bisa dilakukan untuk menjadikannya lebih baik lagi.

Tujuan pembelajaran ini tentunya berkaitan dengan kompetensi yang diharapkan pada kurikulum. Video ini akan membahas bagaimana melibatkan murid secara aktif dalam pelaksanaan asesmen. Dengan begitu murid terlibat sepenuhnya dalam merancang rencana belajar, memantau proses belajarnya, dan melakukan refleksi atas proses yang dijalaninya.

LATIHAN PEMAHAMAN

Salah satu cara melibatkan murid secara aktif dalam asesmen adalah dengan mengajak murid untuk
a. Melakukan penilaian diri
b. Melakukan penilaian antar teman
c. Membuat ceklis rencana dan capaian
d. semua benar

REFLEKSI

Apa pandangan baru yang Ibu dan Bapak Guru dapatkan setelah menyimak video ini?

Dalam pembelajaran paradigma baru ,asesmen berfungsi :
– memberi informasi kepada guru murud dan orang tua.
– digunakan untuk menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.
– untuk menibgkatkan pembelajaran di kelas.
Pembelajaran di kelas merupakan upaya menstimulasi pola berpikir, ber tumbuh untuk upaya meningkatkan pembelajaran.
Capaian Pembelajaran adalah kompetensi dan karakter murid yg akan dicapai dalam kurun waktu tertentu.
Capaian Pembelajaran diturunkan me jadi tujuan pembelajaran.
Tujuan asesmenn pembelajaran memberikan informasi apakah tujuan pembelajaran dapat dilakukan dg baik dan strategi apa yg digunakan menjadikan lebih baik lagi.

POST TEST

Soal 1 dari 12
Asesmen sebagai proses belajar bertujuan untuk
A. Sarana refleksi bagi murid terkait pencapaian diri terhadap capaian pembelajaran
B. melakukan penilaian akhir capaian pembelajaran murid
C. mendapatkan umpan balik bagi guru untuk memperbaiki pembelajaran di tema berikutnya
D. melakukan pengecekan minat

Soal 2 dari 12
Perhatikan pernyataan di bawah ini
1. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan pemahaman diri terkait materi tertentu.
2. Untuk merencanakan perbaikan proses pembelajaran selanjutnya.
3. Untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran pada periode tertentu.
4. Untuk mengetahui nilai capaian belajar anak.
5. Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan belajar setiap individu.
6. Untuk merencanakan pola pendampingan belajar yang perlu dilakukan.
Fungsi asesmen sumatif bagi guru adalah …
A. 1 dan 4
B. 2 dan 3
C. 4 dan 6
D. 1 dan 5

Soal 3 dari 12
Pak Ian ingin mengetahui pencapaian hasil belajar muridnya di materi IPA. Ia juga ingin melihat kekuatan dan kelemahan belajar pada murid.
Manakah asesmen di bawah ini yang dapat dilakukan oleh Pak Ian?
A. Murid mengerjakan proyek IPA kemudian Pak Ian memeriksa dan menilai produk akhir yang dihasilkan dari proyek yang dikerjakan
B. Murid mengerjakan soal kuis IPA melalui aplikasi, kemudian Pak Ian memberikan umpan balik agar murid melakukan perbaikan
C. Murid melakukan penilaian diri sendiri terkait penguasaannya terkait materi IPA kemudian Pak Ian membaca hasil penilaian diri tersebut.
D. Murid melakukan penilaian antarteman saat mempresentasikan temuan mereka dalam percobaan IPA, kemudian murid saling memperbaiki dan melengkapi temuan mereka.

Soal 4 dari 12
Asesmen hanya digunakan sebagai salah satu bukti atau informasi untuk memahami proses pembelajaran yang telah berlangsung
A. Benar
B. Salah

Soal 5 dari 12
Perhatikan pernyataan di bawah ini
1. Dapat digunakan sebagai umpan balik perbaikan pembelajaran.
2. Dapat digunakan untuk memetakan perkembangan proses belajar murid.
3. Dapat digunakan sebagai alat untuk menentukan kualitas guru.
4. Dapat digunakan untuk bahan evaluasi diri guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
5. Dapat digunakan untuk mengetahui hasil belajar murid pada akhir proses pembelajaran saja.
Pernyataan yang tepat terkait fungsi asesmen adalah
A. 1,2 dan 5
B. 1,3 dan 4
C. 1,2 dan 4
D. 2,4 dan 5

Soal 6 dari 12
Dalam melakukan penilaian hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA, Pak Adit menggunakan tes tertulis sebagai satu-satunya alat ukur untuk mengukur kompetensi murid. Berdasarkan prinsip penilaian, penilaian yang dilakukan Pak Adit tidak sesuai dengan prinsip
A. Menyeluruh
B. kesesuaian fungsi umpan balik
C. adil
D. sederhana informatif

Soal 7 dari 12
Peran asesmen dalam implementasi kurikulum di kelas adalah
A. Untuk memberikan informasi kepada kepala sekolah mengenai kualitas pembelajar yang terjadi di sekolah
B. Menstimulus pola pikir kritis murid untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang salah
C. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengecek hasil akhir pencapaian murid
D. Membantu guru untuk menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

Soal 8 dari 12
Penyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah
A. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran akan sama untuk semua guru dan semua murid
B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi standar minimum yang harus dicapai setiap murid
C. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid.
D. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak berkaitan dengan aktivitas selama proses pembelajaran dan strategi asesmen yang akan dilakukan.

Soal 9 dari 12
Pak Dentje adalah seorang guru baru. Ia masih kesulitan untuk memahami kaitan antara Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum dengan asesmen.

Pak Dentje menuliskan langkah-langkah agar dapat membantu ia memahami

1. Menelaah Capaian Pembelajaran.
2. Menurunkan capaian pembelajaran menjadi alur tujuan pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
3. Melakukan asesmen.
4. Dari indikator asesmen diturunkan menjadi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
5. Menurunkan tujuan pembelajaran menjadi indikator asesmen.
6. Mendiagnosis penguasaan murid dengan bantuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
7. Menentukan intervensi pembelajaran yang sesuai.
Langkah-langkah yang tepat dan sesuai urutannya adalah
A. 1-2-5-3-4-6-7
B. 1-2-3-5-4-6-7
C. 1-2-3-7-5-4-6
D. 1-2-5-4-3-6-7

Soal 10 dari 12
Asesmen yang dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui kapasitas murid di kelas adalah
A. asesmen formatif
B. asesmen sumatif
C. asesmen diagnostif
D. asesmen diri

Soal 11 dari 12
Bu Alda akan melakukan tes untuk kemampuan menulis cerpen . Untuk tes tersebut, sebaiknya Bu Alda menggunakan instrumen asesmen ….
A. Catatan anekdotal
B. Rubrik
C. Tabel ceklis
D. Lembar pengamatan

Soal 12 dari 12
Pak Didi akan melakukan asesmen untuk tujuan pembelajaran berikut:
Menyajikan hasil percobaan pemanfaatan gaya dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar.
Teknik asesmen yang tepat untuk digunakan oleh Pak Didi adalah
A. melakukan observasi mengenai perkembangan pengetahuan murid mengenai gaya dan gerak
B. menggunakan tes tertulis pilihan ganda untuk mengetahui pemahaman murid mengenai pemanfaatan gaya dan gerak
C. melakukan projek mengenai pemanfaatan gaya dan gerak disertai laporan pelaksanaan projek.
D. melakukan tes presentasi mengenai jenis-jenis gaya.

Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik

Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!

Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan yang lain untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.

HAL BARU YANG DIPAHAMI

1. Asesmen sebagai bukti pembelajaran.
2. Fungsi asesmen yang mencakup asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning).
3. Ragam metode (diagnostik,formatif dan sumatif )dan instrumen asesmen yang bisa diterapkan kelas sesuai kebutuhan dan tetap berpusat pada murid.
4. Tujuan asesmen adalah untuk mendapatkan informasi apakah tujuan pembelajaran telah dicapai dengan baik dan strategi apa yang bisa dilakukan untuk menjadikannya lebih baik lagi.

HAL YANG BELUM DIPAHAMI

Bagaimana merancang asesmen pembelajaran dengan metode diagnostik,formatif , sumatif dan meng gunakan intrumen yg tepat serta sesuai dg kebutuhan murid.