IKM Post Test Topik 7 Modul 2 (-M42-): Tema Projek SMP/ SMA

Topik: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP

Modul 2: Tema Projek SMP/ SMA

Tema Projek

Video ini akan menmberikan gambaran jelas terkait tema-tema yang ada dalam projek penguatan profil pelajar pancasila. Lebih lanjut video ini juga akan menjelaskan bagaimana memilih tema projek disesuaikan dengan jenjang dan kebutuhan satuan pendidikan.

LATIHAN PEMAHAMAN

Ada berapa tema projek yang disediakan oleh pemerintah untuk dapat dipilih dari jenjang SD-SMA/K?
a. 1
b. 5
c. 6
d. 7

REFLEKSI

isu murid apa yang saat ini menjadi perhatian Ibu/Bapak?

Dampak kecanduan gadget pada remaja.

Pembahasan Tema-Tema Projek

Gaya hidup Berkelanjutan (SD-SMA/K)

Bagaimana pembelajaran tema Gaya Hidup Berkelanjutan dapat dilakukan dalam Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila? Video ini akan menjelaskan bagaimana tema ini dapat memberikan pengalaman pada murid untuk peduli dan berkontribusi pada lingkungan sekitar sesuai dengan kemampuannya.

Kearifan lokal (SD-SMA/K)

Indonesia kaya akan perbedaan alam, lingkungan, tatanan kehidupan masyarakat serta kebudayaan. Video ini akan menjelaskan bagaimana tema ini menjadi salah satu tema pada Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila karena dapat memberikan pengalaman pada murid untuk belajar berkontribusi untuk melestarikan budaya lokal setempat.

Bhinneka Tunggal Ika (SD-SMA/K)

Pada video ini, kita akan sama-sama belajar bagaimana temap projek Bhinneka Tunggal Ika dapat memperkenalkan keberagaman masyarakat di Indonesia seperti suku, budaya, agama, kepercayaan yang dianut, serta karakteristik diri seperti sifat, minat, potensi, pemikiran dan lain-lain. Dengan tema ini diharapkan timbui kesadaran untuk mencintai perbedaan masyarakat Indonesia serta rasa persatuan dapat ditumbuhkembangkan sejak dini.

Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP-SMA/K)

Memiliki pemahaman mengenai kesejahteraan fisik dan mental, baik untuk diri sendiri maupun orang lain merupakan hal yang dapat mendorong murid untuk berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan. Melalui projek dengan tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, murid diajak untuk membangun kesadaran dan keterampilan diri dalam memelihara kesehatan fisik dan mentalnya

Suara Demokrasi (SMP-SMA/K)

Tema Suara Demokrasi dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mengajak murid untuk dapat mengalami langsung sistem demokrasi dalam lingkungan terdekatnya, yaitu “suatu negara” kecil yang disebut sekolah. Seperti apa tema ini dapat membantu murid untuk belajar berpendapat, beargurmen dan terlibat dalam sistem pemerintahan sekolah? Saksikan video ini untuk penjelasan lengkapnya.

Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD-SMA/SMK)

Tema ini merupakan tema yang dapat dipilih untuk melatih daya pikir kritis dan kemampuan rekayasa secara sederhana untuk membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya sendiri dan juga sekitarnya. Video ini akan menjelaskan seperti apa tema ini dapat diperkenalkan di setiap jenjang dan seperti apa penerapannya.

Kewirausahaan (SD-SMA/SMK)

Tema Kewirausahaan merupakan salah satu tema yang dapat dipilih untuk mengidentifikasikan potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Video ini akan menjelaskan bagaimana tema ini dapat diterapkan di setiap jenjang, dari SD -SMA/K.

LATIHAN PEMAHAMAN

1. Murid-murid akan berperan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat melalui inovasi dan penerapan teknologi dengan mensinergikan aspek sosial dan teknologi.
Pernyataan di atas adalah…
a. Benar
b. Salah

2. Dalam tema kearifan lokal murid akan belajar memeliharan keseahtan fisik dan mentalnya.
Pernyatan di atas adalah…
a. Benar
b. Salah

3. Berikut adalah salah satu contoh topik kewirausahaan, yaitu…
a. Membangun transportasi laut untuk masa depan
b. Konflik mendewasakan kita
c. Sepatu kulit daerahku mengglobal
d. Tanaman Hidroponik

4. Berikut ini adalah beberapa keragaman di Indonesia, yaitu …
a. Budaya
b. Suku
c. Agama
d. Semua benar

5. Dalam tema Suara Demokrasi murid akan diajak untuk mengenal beberapa sistem pemerintahan kecil di sekolah seperti, kecuali…
a. Pemilihan Presiden
b. Pemilihan ketua OSIS
c. Pemilihan ketua kelas
d. Semua salah

6. Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dapat dilakukan untuk jenjang SD-SMA/K.
Pernyataan di atas adalah
a. Benar
b. Salah

7. Pada jenjang apakah tema Bangunlah Jiwa dan Raganya dipelajari?
a. SD
b. SD dan SMP
c. SD dan SMA
d. SMP dan SMA/K

REFLEKSI

Tema manakah yang paling menarik menurut Ibu/Bapak? Kenapa?0

Suara Demokrasi dan Bhinneka tunggal Ika. Sesuai dengan materi PPKn dan dengan kondisi NKRI.

Peran Tema Projek

Peran Tema dalam Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

Setiap tema memliki peran dan pesan yang berbeda untuk menguatkan Profil Pelajar Pancasila. Pada video ini kita akan kembali mengulas peran masing-masing tema dalam Profil pelajar Pancasila, seperti apa contoh dimensi dan elemen yang dapat dipilih dan contoh topik yang dapat kita terapkan di satuan pendidikan.

LATIHAN PEMAHAMAN

Pemilihan dimensi untuk masing-masing tema bersfiat mutlak. Guru tidak boleh mengganti dimensi yang telah ditetapkan untuk setiap tema.
Penyataan di atas adalah….
a. Benar
b. Salah

REFLEKSI

Kualitas apa yang paling Ibu/Bapak ingin ada pada murid?

Kemampuan kritis dan menghasilkan solusi yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

POST TEST

Kunci: ACDAAACBD

1.Kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. Meksipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid.
Pernyataan diatas adalah…
a. Benar
b. Salah

2. Manakah yang bukan termasuk dalam tema projek yang sudah disediakan oleh pemerintah?
a. Gaya Hidup Berkelanjutan dan Bhinneka Tunggal Ika
b. Suara Demokrasi dan Bangunlah Jiwa dan Raganya
c. Kewirausahaan dan Budaya Lokal
d. Kearifan Lokal dan Suara Demokrasi

3. Satuan Pendidikan tempat Pak Hans mengajar berada dalam lingkungan masyrakat yang homogen. Masyarakatnya belum begitu mengenal keragaman budaya, agama, ras ataupun suku. Tim fasilitas projek ingin memperkenalkan keragaman masyarakat kepada para murid melalui projek. Tema apa yang dapat diambil?
A. Kearifan Lokal
B. Bangunlah Jiwa dan Raganya
C. Suara Demokrasi
D. Bhinneka Tunggal Ika

4. Pada Sekolah Dasar (SD) terdapat beberapa tema yang dapat diambil dalam kegiatan projek, kecuali..
A. Suara Demokrasi
B. Bhinneka Tunggal Ika
C. Kearifan Lokal
D. Kewirausahaan

5. Pak Ngakan dan tim fasilitator projek sedang menyusun pembelajaran projek di SD Cipta Pesona. Bagaimana sebaiknya mereka menyusun pelaksanaan tema projek dalam setiap fase?
A. Pada fase A kedalaman topik akan berfokus pada kegiatan praktik dan pemahaman sederhana
B. Sebaiknya fase A, B, dan C dibuat sama saja kedalaman pembahasan topiknya
C. Kedalaman pembahasan topik pada fase C sudah tidak perlu melibatkan guru sebagai pembimbing projeknya
D. Fase A tidak perlu ada profjek

6. Contoh topik manakah yang cocok untuk diterapkan jika kita ingin mengambil tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya?”
A. Stop perundungan dengan bermedia sosial yang bijak
B. Kota dan transportasi impianku
C. Dodol yang mendunia
D. Bhinneka tunggal ika dalam sekolah

7. Tema Suara Demokrasi akan berfokus pada pemahaman yang terkait…
A. Keragaman budaya, suku, dan agama yang perlu dikuatkan dalam hubungan bermasyarakat
B. Peluang budaya lokal untuk dapat dikembangkan
C. Kebebasan dan perbedaan pendapat, juga untuk memperkenalkan sistem pemerintahan dalam ruang lingkup sekolah.
D. Karya inovatif untuk membuat produk rekayasa dan teknologi yang diperlukan di masyarakat.

8. Terdapat kesaamaan tema yang dapat diambil oleh SMA dan SMK dalam melakukan projek, kecuali 2 tema yang dikhususkan untuk SMK, yaitu
A. Budaya Kerja dan kebekerjaan
B. Kebekerjaan dan Budaya Sosial
C. Budaya Sosial dan Budaya Kerja
D. Kebekerjaan dan Integritas dalam bekerja

9. SMA Pattimura mempunyai isu kekerasan mental dan fisik di lingkungan sekolahnya. Tim fasilitas projek ingin mengangkat satu tema yang berkaitan dengan isu ini. Tema apakah yang dapat diambil?
A. Kearifan lokal
B. Suara demokrasi
C. Kewirausahaan
D. Bangunlah Jiwa dan Raganya

Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik

Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!

Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan yang lain untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.

MONITORING

HAL YANG SUDAH DIPAHAMI

“1. Tema-tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila jenjang SD sampai dengan SMA/K.
2. Peran tema dalam menguatkan Profil Pelajar Pancasila jenjang SD sampai dengan SMA/K.”

HAL YANG BELUM DIPAHAMI

Penentuan waktu pelaksanaan yang pas dan kerjasama dengan guru mata pelajaran yang lain.