PAI dan PAK Kelas 8 Spesial PTS Semester Ganjil: Download Materi

Pendidikan Agama Kristen/Katolik

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas; VIII semester satu.

Mengutamakankejujuran dan menegakkankeadilan

Pada prtemuan kali ini kita akan membahas masalah mengutamakankejujuran dan menegakan keadilan terutama membahas tentang bab kejujuran.

Dalam materi ini kita akan lebih focus mencermati tentang adil, apa pengertianya, apa manfaatnya dalam kehidupan dan contoh sikap adil terutma buat anak sekolah baik dsaat sekolah ataupun saat dirumah untuk kehidupan sehari harinya.

Adil berarti memberikan hak kepada orang lain yang berhak menerimanya. Orang yang adil adalah orang yang memihak kepada kebenaran ,bukan berpihak karena pertemanan,persamaan suku,agama, maupun bangsa.

A gama kita sangat menjujung tinggi azas keadilan,hal ini karena islam membawa rahmat bagi seluruh alam. Oleh karena itu setiap muslim wajib menegakan keadilan dalam dalam posisi apapun. Terutama seorang muslim yang bekerja sebagai polisi,hakim,apparat serta sebagai anak/seorang siswa- siswi yang baik.

Adil buka nberarti harus sama rata.

Allah Swt menegaskan dalam kitab hadist Sunan Nasa’i. ;

‘ Sesungguhnya orang-orang yang berlku adil akan ditempatkan di sisi ALLAH SWT di atas mimbar – mimbar yang terbuat dari cahaya, disisi sebelah kanan ‘ Arrahman, Yaitu orang orang yang adil dalam menghukumi mereka, adil dalam keluarga dan adil dalam mengerjakan tugas mereka.

Dari kesimpulan diatas dapat kita ambil hikmah bahwa adil bukan berarti harus sama rata.

Dengan sifat adil dapat menghilangkan rasa kebecian kepada sesama.

Dan Allah Swt akan membalas umatNya yang bias menjalankan arti kata adil dengan baik di akherat kelak.

T U G A S;

1. Apa pengertian kata adil dalam sudut pandang agama; a. Berbagi dengan sesama.

b.Berbagi dengan teman.

c.Memberi kepada yang berhak menerima.

d. Memberi kepada semua.

2. Contoh salah satu sikap adil di sekolah adalah;

a.Murid mengerjakan tugas dengan sendiri.

b. Murid berteman dengan teman yang dirasa dekat.

c.Guru memberi nilai sesuai hasil kerja siswa

d.Guru memberi nilai dengan rasa kedekatan keluarga.

3. Apa manfaat utama bersikap adil;

a. Memupuk rasa kepedulian.

b.Memupuk rasa persahabatan.

c.Menghilangkan rasa benci ke sesama

d.Menghilangkan rasa persaudaraan

4.Apa kesimpulan dari bersikap adil...

a. Bersikap adil harus sama rata.

b.Bersikap adil tidak harus sama rata.

c. Bersikap adil harus kesesama.

d.Bersikap adil tidak mengenal batas

5.Mengapa sikap adil harus dilakukan dalam kita hidup di dunia ini;

a. Sikap adil bisa membawa petaka.

b.Sikap adil bisa membawa rahmat hidup di dunia.

c.Sikap adil bisa membuka kebencian.

d. Sikap adil bisa menyatukan perasaan

KUNCI JAWABAN. 1.C. 2. C. 3.C. 4.B 5.B.

Materi AGAMA ISLAM kelas 8

Q.S. AL- FURQAN ( 25 );63 , DAN Q.S. AL- ISRA ( 17 ) TENTANG SIKAP RENDAH HATI DAN HIDUP SEDERHANA. RENDAH HATI ( TAWADUK ). Rendah hati atau tawaduk adalah kerendahan hati yang tidak menilai dirinya lebih baik dari orang lain ,dan tuntutanya adalah perilaku dan ucapan hormat pada orang lain. Tawaduk sendiri mempunyai dua ujung pangkal,salah satu ujungnya yaitu yang cenderung kepada sikap yg berlebihan yang dinamakan kesombongan, dan ujung yang lain adalah yang cenderung bersikap menghinakan diri, kesimpulanya di tengah tengah adalah sikap tawaduk. Rendah hati adalah pencerminan sifat dlm bentuk ucapan maupun tindakan. Sifat rendah hati seseorang dapat terlihat dari apa yg keluar dari perkataan dan bahasa tubuhnya. Dengan demikian sikaprendah hati sangatlah penting dalam bermasyarakat. Orang yg rendah hati adalah orang yg mencari solosi bukan masalah, selalu membangun kebersamaan. KEUTAMAAN SIKAP TAWADUK. 1.Diberi pahala berupa negeri akherat yg baik. 2.Diangkat derajatnya menjadi mulia. HIDUP SEDERHANA. Kesederhanaan itu tidak diartikan membatasi pembelajaan kebutuhan yg berorientasi kepada kebutuhan pribadi namun juga kebutuhan dari orang orang yg memiliki hak, yg berada dibawah tanggung jawab orang tersebut/orang disekitarnya, cara bersikap hemat antara lain;senantiasa bersikap seimbang dlm semua urusan, tidak mengurangi ( kikir ) dan tak berlebihan. ( boros ), memiliki kesadaran ekonomi walaupun dlm batas yg paling rendah, menjalan kan prinsip ekonomi dlm hidup. Sehingga mampu mendapat keuntungan, tidak bersikp komsumsif. Hal ini sesuai dengan Q.S. AL – Isra ;26. MANFAAT HIDUP SEDERHANA. 1.Terjaganya kekayaan yg dimiliki. 2. Terhindar dari kemiskinan/ ke pailitan hidup. 3,Terhindar dari kekhafiran, 4. Terjaga harta dan martabatnya. 5. Mempersiapkan hidup yg lebih baik. 6. Menjadika hidup sejahtera dan bahagia.. TUGAS ; 1. Apa kata lain istilah TAWADUK ; a. Sombong. b. Rajin. c. Rendah Hati. d. Selalu bersabar. 2. Apa manfaat yang diperoleh dengan bersikap tawaduk ; a. Akan dinaikan derajatya menjadi lebih mulia. b. Akan selalu diberi rezeki berlimpah. c. Selalu hidup dengan sabar dan banyak teman. d. Selalu bisa menyelesaikan masalah dalam hidupnya. 3. Dibawah ini termasuk dalam istilah HIDUP SEDERHANA. , Kecuali; a. Orang yang hidup sederhana akan terjaga kekayaannya. b.Orang yang hidup sederhana akan terhindar dari kemiskinan. c. Orang yang hidup sederhana akan berbahagia. d. Jawaban a,b, c, benar semua. 4. Dibawah ini adalah contoh sebagai murid dengan berperilaku tawaduk / rendah hati. yang benar, adalah; a. Selalu menjaga sopan santun berkata dan berperilaku dengan orang tua. b. Selalu menjaga rasa persaudaraan dalam berteman. c. Berkata sopan dengan guru. d. Selalu rajin sholat 5 waktu dengan tepat waktu. 5. Dasar hukum agar kita hidup sederhana adalah; a. Q.S. AL – FURQON 25. B. Q.S. AL – ISRA 17 C. Q.S. AL – BAQARAH; 1 – 11 D.Q.S. AL – HAJJ;22-7 K U N C I J A W A B A N ; 1. C. 2.A. 3.D. 4. C. 5. B.