PAI dan PAK Kelas 9 Spesial PTS Semester Ganjil: Download materi

Pendidikan Agama Kristen/Katolik

Pendidikan Agama Islam

Meyakini Hari Akhir,MengakhiriKebiasaanBuruk

AlamBarzakh ( YaumulBarzakh)

Alam barzakh yang dikenal dengan alam kubur merupakan pintu gerbang menuju akhirat atau batas antara alam dunia menuju alam akherat.Disini manusia akan ditanya dan diperiksa oleh malaikat

Munkar dan Nakir. Tentang segala amal perbuata nkita selama didunia.

# R E N U N G A N.

Beda orang mukmin dan kafir di alam kubur. Nabi Muhammad SAW pernah masuk kesebuah kebun milik Bani Najjar, lalu mendengar suara hingga beliau khawatir. Beliaubertanya ; “ Siapa yang dikubur ini ?

Para sahabat menjawab ; “ Wahai Rasulullah, orang orang yang mati pada masa jahiliyah.

lLalu Beliau berkata, “ Berlindunglah kamu kepada Allah dari siksa neraka dan fitnah dajal’ Para sahabatpu nmerasa heran dan mereka berkata ;” Wahai Rasulullah memang kenapa dan adaapa”. Dan Beliau menjawab; “ Seorang mukmin jika telah diletaka ndalam kuburnya,maka seorang malaikat akan dating kepadany aseraya berkata,” Apa yang kamu sembah? Jika Allah memberikan petunjuk maka akan menjawab Allah.

Lalu sahabat bertanya lagi kepada Rasulullah, Lalu apalagi yang engkau tanyakan kepada orang yang telah matiya Rasulullah,,,Dan Beliau menjawab Dia adalah Hamba Allah dan Rosul-Nya.

Dan kemudian Rasulullah meneruskan ceritanya bahwa orang yang telah mati tadi dibawa akan dikasih tau rumahnya yang telah disediakan di dalam neraka. Seperti yang malaikat berucap” Lihatlah ini adalah rumah kamu nanti yang ada dineraka, tetapi Allah telah melindungi dan memberimu Rahmat , lalu Allah menggantikan rumahmu disurga. Dan lelaki yang telah mati tadi berucap,” Biarkanlah aku mengabarkan berita baik ini kepada keluargaku didunia. Tetapi malaikat langsung menjawab, “ tenangkanlah dirimu dan tinggallah disitu.

Lain cerita diatas ada peristiwa bahwa bila seorang kafir diletakan dalam kubur malaikat akan dating kepadanya serata berucap “ siapa yang kamu sembah?

Ialalu menjawab ,” Aku tidak tahu” lalu malaikat akan berkata “ Engkau tidak tahu tapi tidak mau membaca.” Lalu malaikat bertanya kepada Rasulullah,” APA YANG KAMU KATAKAN TENTANG PRIA SEPERTI INI ( MUHAMMAD) ? Lalu Rasulullah menjawa lagi sambil berucap,” ia manusia biasa bukan utusan Allah SWT. Setelah mendengar jawaban Rasullulloh malaikat lalu memukulkanya dengan palu besi antara dua telinganya hingga ia melolong dan menjerit kesakitan dengan jeritan yang dapat di dengar oleh semua makhluk kecuali jin dan manusia. ( sumber kitab Hadist Sunan Abu Dawud ).

T U G A S. Pilih salah satu jawaban yang tepat. 1. Apa kata lain Yaumul Barzah; a. Alam nyata

b. Alam bawah sadar

c. Alam penantian

d. Alam kubur 2,Dari ringkasan cerita diatas, apa himah yang bisa kita petik sebagai seorang muslim a,Menggunaan waktu selama di dunia dengan baik

b.Menggunakan waktu di dunia dengan santai

c Menjadi takut tau ada siksa kubur

d.Mencoba hidup dengan baik 3. Apa arti kata beriman kepada hari akhir a, Percaya bahwa malaikat itu ada

b. Percaya bahwa alam kubur itu ada

c.Percaya bahwa hari akhir itu ada

d, Percaya bahwa surga dan neraka itu ada 4. Percaya kepada hari akhir, adalah salah satu Rukun Iman yang ke a. Ke-1

b. Ke-3

c, Ke-5

d. Ke-6 5. Dalam Surat dan ayat berapa Allah SWT berfirman tentang adanya hari akhir a. Qs. Al- Hajj/22;7

b .Qs. Al- Hajj/23;7

c Qs. Al-Mujadallah/22;7

d. Qs. Al- Mujadallah/23;7

KUNCI JAWABAN SOAL; 1. D. 2. A. 3. C. 4. C. 5. A.

Meyakini Hari Akhir,MengakhiriKebiasaanBuruk

Materi Agama Islam KELAS IX Semester 1 ( Ganjil ), PERTEMUAN 3 alam barzakh,yaumul ba”as,yaumul hasyr ( yaumul mahsyar),yaumul mizab,surga dan neraka.

Setelah kita pada pertemuan kemarin membahas kejadian setelah kiamat dan hal yang terjadi selanjutnya yang akan kita lewati yang pertama yaitu alam barzakh. Selanjutnya kejadian yang kedua dan kejadian seterusnya. 2) Yaumul Ba’at¡

Pernahkan kamu melihat benih kecil yang tumbuh diatas tanah? Begitulah kelak Allah Swt. akan membangkitkankembali seluruh manusiayang telah mati dari alamkubur. Peristiwa itu dinamakanyaumul ba’ats. Yaumulba’ats adalah hari dibangkitkannya manusia dari alamkubur untuk diarahkan menuju ke padang mahsyar. Kebangkitan manusia ini akan terjadi setelah ditiupkan sangkakala yang kedua oleh Malaikat Isra!l. Seluruh manusia mulai zaman Nabi Adam sampai manusia terakhir bangkit dari kubur. Adapun keadaan mereka bermacam-macam sesuai dengan amal perbuatan mereka pada waktu

hidup di dunia. 3) Yaumul yasyr atau Yaumul Ma¥syar

Yaumul ¥asyr atau yaumul mahsyar adalah hari dikumpulkannya seluruh manusia yang telah dibangkitkan dari kuburnya ,di sebuah padang yang sangat luas bernama Padang Mahsyar. Di Padang Mahsyar ini keadaan manusia sangat susah, tidak ada yang dapat menolong kecuali hanya pertolongan yang datangnya dari Allah Swt. bagi orangorang yang dikehendaki-Nya.

Pada yaumul mahsyar ini pula manusia menerima catatan amalnya selama hidup di dunia, baik amal yang buruk maupun amal yang baik. Seluruhnya tercatat secara rinci. Orang yang beriman dan beramal saleh mereka merasa gembira melihat catatan amalnya. Sebaliknya,orang yang berbuat jahat dan kerusakan ketika hidup di dunia akan menerima catatan amalnya dengan perasaan sedih serta penuh dengan penyesalan.

Penyesalan hanyalah tinggal penyesalan karena segalanya sudah terjadi. Pada hari itu orang yang tidak beriman sungguh telah putus harapannya karena pertolongan Allah Swt. sudah tidak mungkin lagi datang kepadanya. Sebaliknya bagi orang-orang yang beriman penantiannya di Padang Mahsyar adalah penantian yang penuh harapan akan pertolongan Allah Swt. Ketika seluruh manusia sampai di Padang Mahsyar, mereka menunggu pengadilan dari Allah Swt. Bagaimana gambaran Padang Mahsyar? Padang Mahsyar sendiri digambarkan oleh Rasulullah saw. sebagai tanah lapang berwarna putih bersih dan tidak ada tempat untuk berteduh maupun pepohonan. Di Padang Mahsyar inilah Allah Swt. akan mengadili manusia

4) Yaumul Mizan dan Yaumul hisab

Arti kata mizan adalah timbangan, sedangkan hisap artinya perhitungan. Dua istilah ini ,yaitu Yaumul M izan dan Yaumul Hisab memiliki makna yang hampir sama maknanya.

Dengan demikian, yaumul mizan adalah hari ditimbangnya seluruh amal baik dan buruk manusia untuk menerima keadilan dan balasannya masing-masing. Yaumul Mizan ini disebut juga dengan Yaumul Hisab yaitu hari diperhitungkannya seluruh amal perbuatan manusia, baik

amal yang baik maupun amal yang buruk. Pada hari itu manusia akan menerima balasannya masing-masing berdasarkan keadilan dari Allah Swt.

Setelah seluruh manusia sampai di Padang Mahsyar, seluruh amal perbuatannya selama hidup di dunia akan dihitung atau ditimbang. Bagi mereka yang timbangan amal baiknya lebih berat akan mendapatkan balasan yang memuaskan, sedangkan bagi mereka yang timbangan amal baiknya lebih ringan akan mendapatkan balasan neraka hawiyah, Amal baik dan amal buruk manusia kelak akan ditimbang di neracakeadilan. Inilah yang disebut dengan Yaumul mizan. Yaumul mizan merupakan hari ditimbangnya amal perbuatan manusia dari yang terkecil sampai yang terbesar. Seluruhnya akan terlihat dan tidak ada yang luput dari perhitungan. Perbuatan baik meskipun hanya seberat atom akan ada balasannya, begitu pula perbuatan jahat walaupun

seberat atom juga akan ada balasannya. Berbahagialah orang-orang yang beriman dan beramal saleh. Mereka akan mendapatkan timbangan yang berat untuk amal salihnya dan mereka juga akan memperoleh kebahagiaan di akhirat. Di akhirat sebaliknya orang yang selalu berbuat kejahatan tentunya akan mendapati timbangan amal buruknya sangat berat. Banyak sekali ayat al-Qur’±n yang menyatakan betapa meruginya orang yang ketika di dunia selalu berbuat jahat. Mereka kelak di akhirat akan mendapatkan siksaan yang amat berat di neraka sebagai balasan atas perbuatan jahatnya itu.

5) Surga dan Neraka

Surga adalah tempat yang diberikan kepada umat Allah SWT yang mempunyai cataan baik, sedang neraka adalah tempat yang di berikan kepada uma yang selalu berbua buruk dengan hasil raport yang buruk. Untuk lebih detail akan kita bahas di pertemuan selanjunya.

T U G A S. Pilih salah satu jawaban yang tepat. 1. Apa kata lain Yaumul Ba”ats; a. Alam nyata b. Alam kebangkitan c.Alam penantian d. Alam kubur 2. Di yaumul Yasyr dan yaumul Mashyar manusia akan di kumpulkan di tanah lapang unuk menerima hasil perbuatannya di dunia, apakah disana masih ada pertolongan aau pengampunan; a, Masih karena kita bisa bertemu famili. b. Masih karena Allah SWT maha pengampun. c .Tidak karena pintu taubat maaf sudah diutup. d. Tidak, karena rapot penilaian perbuatan kita selama di dunia sudah jadi. 3. Apa yang kalian pahami dengan istilah yaumul mizan dan yaumul hisab; a, Alam tempat penantian kita di surga atau neraka. b. Alam tempat kita menanti di tanah berwarna putih dengan pepohonan rindang. c. Alam tempat kita menerima rapot atas perbuaan kita selama di dunia. d, Alam tempat kita di hitung atas perbuatan kita selama di dunia’ 4. Apa pengertian istilah surga dan neraka ; a. Surga tempat yang baik. Neraka tempat yang indah. b. Surga tempat kaum fakir miskin neraka tempat orang kaya. c, Surga tempat bagi yang berbuat baik dan buruk, neraka tempat yang berbuat buruk. d. Surga buat yang berbuat baik, neraka tempat bagi yang berbuat buruk. 5. Apa yang kita harapkan dengan hasil pembalasan adalah halyang baik. Contoh perilaku yang baik yaitu; a. Saling tolong menolong. b .Menjalankan sholat 5 waktu. c Tidak menyuruh orang tua / teman mengerjakan tugas kita sebagai murid. d. Jawaban a,b,c benar semua.

KUNCI JAWABAN SOAL; 1. B. 2. C. 3. D. 4. D. 5. D.

Menatap Masa Depan dengan

Optimis, Ikhtiar dan Tawakal. 1. Optimis Sifat optimis adalah sifat orang yang memiliki harapan positif dalam

menghadapi segala hal atau persoalan. Kebalikan dari optimis adalah

pesimis. Orang yang memiliki sifat pesimis selalu berpandangan negatif

dalam menghadapi persoalan.

Perhatikan contoh-contoh berikut.

a. Raisa dan Joni mengikuti lomba menggambar di tingkat kabupaten.

Raisa yakin dalam lomba ini akan meraih hasil yang terbaik.

Sebaliknya, Joni merasa bahwa dalam lomba kali ini ia tidak mungkin

bisa menang.

b. Doni dan Hasim sakit demam berdarah (DB). Mereka berdua dirawat

di rumah sakit. Doni memiliki semangat yang tinggi untuk sembuh,

sedangkan Hasim takut kalau penyakitnya tidak dapat disembuhkan.

c. Di dalam satu kelas IX terdapat 30 Siswa. Sebanyak 29 Siswa

menyongsong ujian dengan rasa percaya diri, namun Nilna merasa

takut kalau nanti gagal dalam ujian.

Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita memiliki sifat optimis.

Sifat itu memicu seseorang menjadi bersemangat dalam menyelesaikan

pekerjaan dan memberi kekuatan dalam menghadapi suatu masalah.

Sebaliknya sifat pesimis menjadi penyebab seseorang menjadi terpuruk

tidak bersemangat.

Sifat optimis termasuk perilaku terpuji (akhlak karimah) yang harus

dimiliki seorang muslim. Seorang muslim yang memiliki sifat optimis akan

selalu berpikiran positif dan berprasangka baik kepada Allah Swt. Nabi

Muhammad saw. memberikan teladan kepada kita agar senantiasa

memiliki sikap optimis. Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita memiliki sifat optimis.

Sifat itu memicu seseorang menjadi bersemangat dalam menyelesaikan

pekerjaan dan memberi kekuatan dalam menghadapi suatu masalah.

Sebaliknya sifat pesimis menjadi penyebab seseorang menjadi terpuruk

tidak bersemangat.

Sifat optimis termasuk perilaku terpuji (akhlak karimah) yang harus

dimiliki seorang muslim. Seorang muslim yang memiliki sifat optimis akan

selalu berpikiran positif dan berprasangka baik kepada Allah Swt. Nabi

Muhammad saw. memberikan teladan kepada kita agar senantiasa

memiliki sikap optimis. Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita memiliki sifat optimis.

Sifat itu memicu seseorang menjadi bersemangat dalam menyelesaikan

pekerjaan dan memberi kekuatan dalam menghadapi suatu masalah.

Sebaliknya sifat pesimis menjadi penyebab seseorang menjadi terpuruk

tidak bersemangat.

Seseorang yang bersifat optimis akan tetap semangat menghadapi

semua permasalahan. Jika tidak berhasil menyelesaikan suatu

permasalahan, maka dia akan mencoba lagi untuk kedua kalinya, jika

gagal kedua kalinya, akan mencoba lagi untuk ketiga kali, sampai berhasil.

Sebaliknya jika seseorang pesimis, maka akan menyerah dan tidak mau

berusaha lagi. Sifat pesimis merupakan sifat tercela yang harus dihindari

oleh setiap muslim. Sifat pesimis akan membuat seseorang berprasangka

buruk kepada diri sendiri dan kepada Allah Swt.

Setiap cobaan hidup yang dialami oleh seorang muslim harus

dihadapi dengan tabah, semangat pantang menyerah, serta bersungguhsungguh

berusaha mencari solusi terbaik. Pantang bagi seorang

muslim untuk mengeluh apalagi berputus asa. Hidup ini akan terasa

menyenangkan dan terasa indah jika kita mampu menjalaninya dengan

penuh optimis.

Salah satu ciri orang yang optimis adalah ia memiliki harapan yang baik

pada saat sebelum melakukan suatu pekerjaan. Melakukannya dengan

sepenuh hati dan perasaan senang serta Pada saat melaksanakan suatu

pekerjaan. orang yang optimis mensyukuri keberhasilannya dan

mengevaluasi kekurangannya, setelah selesai melakukan suatu pekerjaan. Ciri lain dari orang yang optimis adalah melihat segala sesuatu sebagai

sebuah kesempatan, peluang, dan kemungkinan. Sebaliknya orang yang

pesimis melihat segala sesuatu sebagai kegagalan dan ketidakmungkinan.

Dalam situasi yang sulit orang yang optimis akan selalu bilang, “Meskipun

sulit, namun masih ada kesempatan untuk berhasil.” Sebaliknya, dalam

situasi yang mudah orang yang pesimis masih mengatakan, “Sebenarnya

itu hal yang mudah bagiku, namun aku khawatir kalau nantinya akan

gagal.”

Orang yang optimis biasanya ditandai dengan wajah yang berseri-seri

dan mudah untuk tersenyum. Sebaliknya orang yang pesimis biasanya

sering cemberut dan terlihat murung. Sekarang kita dapat memilih, mau

menjadi orang yang optimis atau pesimis ?

Berikut ini adalah sebuah kisah tentang dua orang pegawai pemasaran

dari dua perusahaan sepatu terkenal yang dikirim ke daerah pedalaman.

Salah satu di antara mereka memiliki sifat optimis, dan yang satu lagi

memiliki sifat pesimis.

T U G A S. Pilih salah satu jawaban yang tepat. 1. Apa pengertian singkat OPTIMIS ; a. Bersikap selalu memandang semua hal ke depan adalah positif. b. Bersikap selalu memandang semua hal ke depan adalah negatif. c. Bersikap pasrah dan sabar d. Bersikap yakin dan keras pada pendirian. 2. Apa lawan kata orang bersikap optimis; a, Bersikap sabar.. b. Bersikap yakin c .Bersikap pisimis d. Bersikap pasrah 3. Mengapa sikap optimis itu penting untuk kita tanamkan disetiap muslim;; a, Melatih jiwa agar hidup penuh cobaan.. b. Melatih hidup agar selalu bisa bersikap pasrah. Dan menyerah. c. Melatih hidup agar kita bisa melewati cobaan demi masa depan. d, Melatih jiwa ini untuk selalu kurang sabar dalam menghadapi cobaan. 4. Apa sikap optimis sangat diperlukan di setiap insan muslim yang masih sekolah; a. Iya, karena bisa melatih kita hidup penuh pisimis.. b. Iya, karena bisa menjadikan penerus bangsa yang handal dalam memimpin bangsa.. c, Tidak, karena kita masih kecil. d. Tidak, karena optimis diperuntukan khusus yang masih pisimis saja,. 5. Apa ciri – ciri orang yang bersifat optimis; a. Suka tolong menolong. b .Selalu mudah tersenyum dan berseri .. c Wajah selalu cemberut. d. Jawaban a,b,c benar semua.

KUNCI JAWABAN SOAL; 1. A. 2. C. 3. C. 4. B. 5. B.