Sejarah

Pada tahun 1982 Rm C.P. Burows,OMI adalah romo Paroki Santo Stephanus Cilacap sekaligus menjabat sebagai Direktur Pelaksana Yayasan Sosial Bina Sejahtera Cilacap. Ke depan beliau berpikir bahwa paroki Santo Stephanus akan berkembang. Tentu saja arah perkembangannya ke utara.

Oleh sebab itu, mulai dipikirkan memilih lokasi yang baik guna persiapan pengembangannya. Pada tahun itu pula yayasan memperoleh tawaran sebidang sawah di jalan Kendeng, Sidanegara Cilacap (sekarang berdiri Guest Hause , TK, SD Maria Immaculata). Selain tanah sawah yayasan juga bisa membeli tanah yang  berupa tanah darat.

Lokasi tanah tersebut sebagai berikut:

  1. Tanah darat di belakang TK,SD Maria Immaculata (sekarang digunakan untuk pengembangan TK,SD Maria Immaculata dan juga Kapel Eugeneus de Mazenod).
  2. Tanah Sawah, berupa  Rawa Pasung tanah keluarga Minjaya (Tempat kampus AMN dan SMP Maria Immaculata).
  3. Tanah Sawah di sebelah barat AMN, saat ini masih dikelola sebagai tanah pertanian.

Lahan-lahan tersebut akhirnya dapat dibeli Yayasan dan dapat digunakan untuk pengembangan paroki Cilacap bagian utara secara menyeluruh. Tentu saja, Paroki akan dapat berkembang apabila ada sarana-sarana pendukungnya. Belajar dari sejarah perkembangan gereja di Indonesia, bahwa gereja akan berkembang dengan kegiatan-kegiatan:

  1. Pendidikan(sekolah)
  2. Kesehatan ( Rumah Sakit, Balai Pengobatan, klinik)
  3. Sosial (kegiatan-kegiatan di bidang sosial yang lain)

Adanya masyarakat yang mengusulkan untuk mendirikan sekolah di daerah jalan Kendeng (Cilacap bagian utara) juga dijadikan pertimbangan untuk mendirikan layanan pendidikan di Cilacap bagian utara. Di wilayah utara banyak masyarakat kurang mampu yang membutuhkan layanan pendidikan yang dekat.Apabila sekolahnya dekat berarti menghemat biaya.

Pengurus Yayasan Sosial Bina Sejahtera Cilacap menetapkan untuk, menyelenggarakan dan membuka sekolah guna menunjang rencana berdirinya Paroki baru nanti.

Dengan alasan-alasan di atas maka dibukalah sekolah baru.

Tahun ajaran 1986/1987 dibuka TK Maria Immaculata dengan peserta didik 124 anak (TK A dan TK B) dengan Kepala Sekolah Ibu Titi Sukitri.

Tahun ajaran 1987/1988 dibuka SD Maria Immaculata Cilacap dengan peserta didik 68 anak dengan  kepala sekolah ibu Ch Sunarsih.

Tahun 1987/1988 dibuka SMP Maria Immaculata Cilacap dengan kepala sekolah ibu Susilowati, B.A.

Pada awal pembukaan penyelenggaraan, ketiga sekolah tersebut menempati komplek bangunan rumah dan sekolah di jalan Kendeng 310.

  1. TK Maria Immaculata menempati rumah Guest Hause di Jalan Kendeng.
  2. SD Maria Immaculata menempatinbangunan sekolah yang membujurnarah utara-selatan d1 Jalan Kendeng 310 . SD di bagian bangunan kelas utara.
  3. SMP Maria Immaculata menempati bangunan sekolah sebelah selatan.
  4. Tahun 1989/1990 SMP Maria Immaculata pindah ke kampus baru di jalan Kendeng 307.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *