Seni Musik Kelas 9 Spesial PTS Semester Ganjil 2021: Materi 6

*A. Musik Modern*

Musik Modern adalah musik yang berkembang dan populer di kalangan masyarakat luas saat ini. Salah satu contoh alat musik modern adalah keyboard (organ), karena memiliki efek suara dan iringan yang beragam yang mewakili hampir semua instrumen yang ada di dunia yang memudahkan para musisi untuk berkarya.

*B. Jenis-jenis musik modern yang berkembang di Indonesia*

Jenis musik ini memiliki konsep yang fleksibel, yang umumnya menggunakan tangga nada diatonis (8 nada ( do – do tinggi ) mayor maupun minor. Berdasarkan ciri khasnya musik modern dibagi menjadi beberapa aliran yaitu : pop, balada, rock, jazz, dance, latin, un group, dangdut dan lainnya. Di Indonesia kita akan bahas 4 aliran yaitu:

1. Lagu dangdut.

Pada awalnya dangdut adalah istilah dari orkes melayu. Lagu-lagu melayu asli disebut dengan Deli yang menggunakan gendang tradisional melayu. Pengembangan menuju musik dangdut modern Indonesia adalah didirikannya orkes melayu dengan tokoh Reynold Panggabean dengan Orkes Melayu Tarantula dan Rhoma Irama dengan Soneta Grup, salah satu lagu legendarisnya adalah nasehat untuk tidak begadang bagi kaum muda dalam lagu berjudul _Begadang_ . Penyanyi dangdut modern contohnya adalah Ridho Rhoma dan Lesti dengan lagu terkenalnya yang berjudul _Kejora_

2. Lagu Pop

Tahukah kamu dengan kata populer? Populer ternyata berasal dari kata Pop yaitu lagu yang digemari/disenangi oleh masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Lagu pop tidak bertahan lama, karena mudah berganti dengan lagu-lagu baru yang populer. Maka pembuatannya pun jarang menggunakan komposisi dan bentuk lagu, progresi chord, aransemen sederhana yang mudah diingat atau easy listening dan mudah dipahami.

Pada tahun 1970an lagu pop didominasi oleh grup musik contohnya Koes Plus, Panber lalu berkembang dengan grup D’masiv, Noah, Republik, Nidji, Armada dengan judul lagu Asal Kau Bahagia serta Geisha dengan lagunya Lumpuhkanlah Ingatanku dan Ada Band dengan Dony sebagai vokalisnya. Musik pop jaman ini sering bercerita tentang percintaan, kepedihan dan kegembiraan. Saat ini musik pop didominasi oleh penyanyi solo seperti Isyana dengan lagunya Tetap dalam Jiwa, Afgan dengan terima kasih cinta, Judika dan masih banyak penyanyi solo lainnya. Untuk mancanegara ada Justin Bieber.

3. Lagu Rock

Alat musik yang dominan pada jenis musik ini adalah Gitar. Biasanya yang mendominasi lainnya adalah Vocal, Drum dan Bass. Ciri musik rock adalah mempunyai beat yang kuat, suara yang keras dan beat dipadu oleh lirik yang didasarkan pada salah satu ritme musik blues yang disebut boogie woogie ditambah aksen backbeat yang selalu diisi pukulan snare drum. Bintang Rock klasik yang terkenal adalah Jimmi Hendrik, The Beatles, Queen dengan Fredy Mercury sebagai vokalisnya, untuk Klasik Indonesianya Jamrud, Nicky Astria, God Bless. Untuk Bintang Rock masa modern ada Kotak dengan lagu _Beraksi_ lalu di Mancanegara ada Bon Jovi

4. Lagu Jazz

Musik Jazz dikembangkan pada awal abad ke-20 di daerah New Orleans, Amerika Serikat, kebanyakan oleh bangsa Afrika-Amerika.

Ciri lagu jazz adalah vokal sering menirukan suara instrumen, harmonisasinya terdengar rumit, tonalitas yang luas, sering terjadi modulasi/perpindahan tangga nada dalam lagu dan ritme, serta melodinya memiliki kecenderungan sering berimprovisasi. Elemen penting dalam jazz adalah sinkopisasi, lagu yang aslinya masih datar, kemudian diubah menjadi lebih ekspresif sesuai keinginan penyanyinya.

Tokoh Jazz masa lalu adalah Charlie Parker (saksofon), Louis Amstrong (trompet). Tokoh Jazz Indonesia ada Indra Lesmana, Malliq n D’essential, Tompi.

Musik jazz biasanya ditampilkan di tempat yang sering dikunjungi masyarakat menengah ke atas, misalnya kafe atau lounge.

Latihan Soal

1. Pengertian musik modern di bawah ini adalah . . .

a. Musik yang berkembang dan populer di kalangan masyarakat menengah ke atas

b. Musik yang berkembang dan populer di wilayah perkotaan masa lampau

c. Musik yang berkembang dan populer di perkotaan pada saat sekarang

d. Musik yang berkembang dan populer di kalangan masyarakat luas saat ini

Kunci: D

2. Salah satu contoh alat musik modern di bawah ini adalah . . .

a. Keyboard

b. Saxophone

c. Orgel

d. Marimba

Kunci: A

3. Alat musik yang dominan pada jenis musik rock adalah . . .

a. piano

b. gitar

c. flute

d. biola

Kunci: B

4. Musik modern yang mudah diterima (easy listening) oleh masyarakat adalah musik . . .

a. Keroncong

b. Dangdut

c. Pop

d. Rock

Kunci: C

5. Musik modern yang sering dikunjungi masyarakat menengah ke atas berikut ini adalah . . .

a. Pop

b. Rock

c. Jazz

d. Dangdut

Kunci: C

6. Salah satu penyanyi beraliran pop di Indonesia adalah . . .

a. Donny Ada Band

b. Inul Daratista

c. Tantri Coklat

d. Tompi

Kunci: A

7. Ridho Rhoma merupakan penyanyi beraliran . . .

a. Pop

b. Blues

c. Jazz

d. Dangdut

Kunci: D

8. Musik yang dikembangkan oleh bangsa Afrika-Amerika sekitar abad 20 di New Orleans, Amerika Serikat merupakan jenis musik . . .

a. Jazz

b. Rock

c. Pop

d. Ska

Kunci: A

9. Manakah diantara pilihan berikut yang merupakan penyanyi pop mancanegara . . .

a. Justin Bieber

b. John Bon Jovi

c. Freddy Mercury

d. Louis Amstrong

Kunci: A

10. Musisi beraliran rock mancanegara pada pilihan jawaban di bawah ini adalah . . .

a. Katy Perry

b. Lady Gaga

c. John Bon Jovi

d. Avril Lavigne

Kunci: C