WORKSHOP “Peningkatan mutu AN SMP Kabupaten Cilacap tahun 2021”

Rabu, 24 November 2021

Bertempat di Aula Hotel Grand Liana, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap mengadakan workshop bagi Guru SMP di Kabupaten Cilacap. Workshop terbagi dalam 4 gelombang. SMP Maria Immaculata Cilacap mendapatkan kesempatan mengikuti workshop di Gelombang 1. 

Workshop dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap yang diwakili oleh Bapak Kamto (Bagian SMP).

Pembicara pertama yaitu Bapak Dr. Lulud Ario Priyambodo, M.Pd. Bapak Lulud dari LPMP Jawa Tengah. Workshop diawali Bapak Lulud dengan tema Rancang Bangun Pembelajaran Diferensiasi Terintegrasi (09.15-11.30). Pada awal workshop, Bapak Lulud menanyakan mengenai aktivasi akun belajar id. Untuk SMP Maria Immaculata Cilacap sendiri telah melakukan aktivasi bagi Tendik, Guru dan Peserta didik baik peserta didik yang lulus pada tahun pelajaran 2020/2021 ataupun peserta didik pada tahun pelajaran saat ini. 

Setelah itu Bapak Lulud memberikan pertanyaan melalui jamboard yang dishare linknya melalui QR Code. Para Guru yang mengikuti workshop berusaha mengenal jamboard dan QR Code. Pertanyaannya sederhana yaitu mengenai apa tujuan anak sekolah. Para Guru membuat jawaban yang menarik mengenai pertanyaan tersebut.

Bapak Lulud memberi penekanan bahwa jawaban guru itu lebih pada tujuan guru bukan tujuan anak. 

Tugas Guru => Mampu menggerakkan anak2

1. Membuat anak mempunyai keterampilan literasi
2. Mempunyai keterampilan belajar
3. Membuat pola belajar aktif (yang bisa mengajari yang tidak bisa)
4. Membuat anak berpikir (Nalar)

Mengapa harus migrasi ke pembelajaran diferensiasi?
Karena masalah yang dihadapi makin kompleks sedangkan waktu belajar tetap. Jika mengikuti kurikulum sifatnya linear, sehingga makin lama makin banyak padahal waktunya tetap.
Pembelajaran diferensiasi digunakan dengan literasi (baca tulis dan numerasi) serta dibutuhkan literasi digital.

Yang dibutuhkan anak-anak adalah semangat, bimbingan dan motivasi.
Jika anak belajar berarti guru memberi contoh belajar yang baik.

Tugas pada sesi 1 bersama Bapak Luhud ini adalah membuat rancang bangun pembelajaran dari link yang diberikan oleh Pak Luhud sesuai dengan pemahaman guru masing-masing. Berikut link yang diberikan.

penerapan-model-pembelajaran-inkuiri-pada-pembelajaran-daring-bagaimanakah/

aktivitas-belajar-peserta-didik-pada-ptm-terbatas/

mari-aktifkan-siswa-pada-pembelajaran-sekarang/

bagaimana-siswa-belajar-pada-pembelajaran-blended-elektronik-discovery/

Berikut hasil rancang bangun yang dibuat oleh perwakilan dari Guru SMP Maria Immaculata Cilacap yang mengambil dasar dari link 1 mengenai pembelajaran inkuiri pada pembelajaran daring.

Tugas tersebut dikumpulkan paling lambat pukul 13.00. Kemudian pada pukul 15.00 sore nanti akan dilakukan aktivitas mengenai akun belajar id. Pada saat pembahasan tugas. Bapak Lulud memberi penekanan bahwa rancang bangun pembelajaran harus berorientasi pada peserta didik. Dari tugas-tugas yang dikumpulkan dalam google slide (guru mengerjakan di word kemudian di screenshoot dan dipastekan ke slide secara kolaboratif), terpilihlah 5 tugas terbaik termasuk tugas dari perwakilan SMP Maria Immaculata Cilacap.

Sesi berakhir untuk ishoma. Kemudian pada pukul 13.00 dipanjutkan kembali dengan sesi 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *